Hubungan antara aktivitas anak pada penggunaan metode Kibar dengan kemampuan membaca huruf Hijaiyah Anak Usia Dini : Penelitian di kelompok A RA At-Taqwa Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya

Aulia, Nanda (2022) Hubungan antara aktivitas anak pada penggunaan metode Kibar dengan kemampuan membaca huruf Hijaiyah Anak Usia Dini : Penelitian di kelompok A RA At-Taqwa Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang ditemukan di Kelompok A RA At-Taqwa Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya, yaitu adanya kesenjangan antara tingginya aktivitas anak pada penggunaan metode kibar dengan rendahnya kemampuan membaca huruf hijaiyah. Hal ini dilihat dari antusias anak ketika mengikuti pembelajaran Alquran dengan menggunakan metode kibar, yang dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 63, nilai tersebut berada pada 51-75 % dengan kriteria baik. Sedangkan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak masih merasa kesulitan, hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 1,27 termasuk pada kategori BB (Belum Berkembang). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Aktivitas anak pada penggunaan metode kibar; 2) Kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini; 3) Hubungan antara aktivitas anak pada penggunaan metode kibar dengan kemampuan membaca huruf hiajiyah anak usia dini di Kelompok A RA At-Taqwa Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah aktivitas anak pada penggunaan metode kibar. Dari asumsi teori tersebut, hipotesisnya adalah semakin tinggi aktivitas anak pada penggunaan metode kibar, maka semakin tinggi pula kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini. Demikian pula sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Subjek pada penelitian ini adalah anak kelompok A RA At-Taqwa Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 29 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, unjuk kerja, dan wawancara. Selanjutnya dilakukan analisis data dengan menggunakan rumus-rumus statistika Hasil analisis data menunjukkan bahwa aktivitas anak pada penggunaan metode kibar diperoleh nilai rata-rata sebesar 78, nilai tersebut berada pada interval 76-100 dengan kategori sangat baik. Sedangkan, kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini diperoleh nilai rata-rata sebesar 66, angka tersebut berada pada interval 60 – 69 dengan kategori cukup. Hubungan antara aktivitas anak pada penggunaan metode kibar dengan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini diperoleh harga koefisien korelasi sebesar 0,6. Angka koefisien korelasi tersebut menunjukkan hubungan kedua variabel berada pada kategori kuat/tinggi. Selanjutnya hasil uji hipotesis diperoleh thitung (3,9) > ttabel (2,052), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat hubungan yang siginifikan antara aktivitas anak pada penggunaan metode kibar dengan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini di kelompok A RA At-Taqwa Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Adapun pengaruh variabel X terhadap variabel Y diperoleh koefisien determinasi 36%. Artinya, 64% kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini di kelompok A RA At-Taqwa Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Kibar; Kemempuan Membaca Huruf Hijaiyah; Anak Usia Dini
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nanda Aulia
Date Deposited: 27 Dec 2022 04:26
Last Modified: 27 Dec 2022 04:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62268

Actions (login required)

View Item View Item