Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan sub sekor konstruksi yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2011-2020

Husna, Rizki Amalia (2022) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan sub sekor konstruksi yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover .pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasari adanya permasalahan pada return on equity perusahaan sub sektor konstruksi yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia pada tahun 2011-2020 yang terlihat fluktuatif,. Return On Equity sebagai alat ukur profitabilitas perusahaan dipergunakan untuk mengukur keberhasilan dalam menghasilkan keuntungan bagi pemegang saham. Return on equity diduga dipengaruhi oleh current ratio serta debt equity ratio. Tujuan dari diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari kinerja keuangan yang terdiri dari current ratio dan debt equity ratio baik secara parsial maupun simultan terhadap return on equity dalam perusahaan sub sektor konstruksi yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia pada tahun 2011-2020. Kerangka berpikir peneliti menunjukan adanya hubungan saling pengaruh terhadap current ratio dan debt equity ratio terhadap return on equity. Namun return on equity dapat dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 6 perusahaan dari 8 populasi perusahaan yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Menggunakan teknik analisis data yang meliputi analisis deskriptif, analisis regresi data panel menggunakan random effect model, uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji F, serta koefisien determinasi. Pengolahan data dibantu dengan software EViews 12. Hasil penelitian menunjukan current ratio secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap return on equity dengan nilai thitung sebesar 1,266271 dengan nilai probabilitas sebesar 0,2484. Debt equity ratio secara parsial berpengaruh signifikan terhadap return on equity dengan nilai thitung sebesar 2,493823 dan probabilitas sebesar 0,0156. Secara simultan current ratio dan debt equity ratio berpengaruh signikan terhadap return on equity dengan nilai Fhitung sebesar 3,498182 serta F-statistic sebesar 0,03689.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: CR; DER; ROE; perusahaan Konstruksi;
Subjects: Education, Research
Inductions
Econmics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Rizki Amalia Husna
Date Deposited: 26 Dec 2022 04:23
Last Modified: 26 Dec 2022 04:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62267

Actions (login required)

View Item View Item