Opini publik dalam talkshow Indonesia Lawyers Club di TVONE : Studi terhadap mahasiswa jurnalistik angkatan 2017 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Prikatama, Muhammad Fauzan (2022) Opini publik dalam talkshow Indonesia Lawyers Club di TVONE : Studi terhadap mahasiswa jurnalistik angkatan 2017 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy

Abstract

Indonesia Lawyers Club merupakan salah satu program acara talkshow favorit di Indonesia yang disiarkan TVONE. Berbagai tema maupun isu dibahas, mulai dari bidang politik hingga hukum. Isu-isu terhangat yang kadang kontroversial menjadi daya tarik bagi masyarakat. Kepandaian Karni Ilyas sebagai pembawa sekaligus pemandu acara dalam melemparkan pertanyaan kepada narasumber menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana terbentuknya opini publik, mengetahui persepsi publik terkait talkshow Indonesia Lawyers Club. Selain itu tujuan dari penelitian ini pun untuk mengetahui kontribusi talkshow Indonesia Lawyers Club dalam membentuk opini publik. Penelitian ini menggunakan Teori Persepsi. Pokok dari penelitian ini adalah teori yang menyatakan persepsi seseorang dibentuk dari pengalamannya mengenai suatu objek, korelasi yang diperoleh setelah menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif pada intinya bermaksud memahami fenomena apa yang dialami subyek penelitian. Teknik yang pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi . Penelitian ini dapat disimpulkan menjadi tiga bagian. Pertama, Indonesia Lawyers Club merupakan talkshow yang menarik disaksikan karena mampu mengangkat berbagai isu publik termutakhir dari berbagai sudut pandang. Kedua, ketika muncul suatu isu, publik cenderung menelusuri terlebih dahulu keabsahan isu tersebut. Ketiga, Indonesia Lawyers Club dapat membentuk opini publik karena talkshow ini menghadirkan para narasumber yang berkompeten di bidangnya dalam pembahasan suatu isu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Opini Publik; Indonesia Lawyers Club; Mahasiswa Jurusan Jurnalistik
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Muhammad Fauzan Prikatama
Date Deposited: 27 Dec 2022 07:25
Last Modified: 27 Dec 2022 07:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62205

Actions (login required)

View Item View Item