Hubungan antara Citra Tubuh dengan Kepercayaan diri pada mahasiswa Psikologi pengguna Instagram di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Aninda, Ima Nur (2022) Hubungan antara Citra Tubuh dengan Kepercayaan diri pada mahasiswa Psikologi pengguna Instagram di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa umumnya adalah individu yang memasuki fase remaja yaitu berkisar antara usia 18-22 tahun. Pada rentang usia tersebut adalah proses peralihan yang melibatkan perubahan pada individu, seperti halnya perubahan biologis atau fisik individu, sosio-emosionalnya, dan juga pada kognitifnya. erkembangan remaja yang paling menonjol adalah perubahan pada fisik dan bentuk tubuhnya. Ketika ada perubahan tubuh, itu memicu minat terhadap citra tubuh nya. Remaja sangat memperhatikan tubuhnya dan bisa mengembangkan citra tubuh nya. Dan dapat dilihat jika pada masa remaja, seorang individu mulai tertarik pada bentuk tubuhnya dan mulai memperhatikan penampilannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara citra tubuh dengan kepercayaan diri pada mahasiswa pengguna Instagram di Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah rancangan kuantitatif korelasional pada 280 mahasiswa aktif angkatan 2018-2022. Instrument penelitian ini menggunaan skala kepercayaan diri yang diadaptasi oleh Faza Maulida (2020) berdasarkan teori Lauster (Ghufron & Risnawita, 2014) dan untuk skala citra tubuh yang telah diadaptasi oleh Faza Maulida (2020) berdasarkan teori Thompson (2000). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi taraf yang signifikan antara citra tubuh dengan kepercayaan diri (p<0,05) dengan taraf nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0.05 dengan nilai korelasi sebesar 0.113, yang berarti terdapat hubungan antara citra tubuh dengan kepercayaan diri pada mahasiswa pengguna Instagram di Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: citra tubuh; kepercayaan diri; Instagram; mahasiswa psikologi UIN SGD bandung.
Subjects: Differential and Developmental Psychology
Differential and Developmental Psychology > Psychology of Adults
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Ima Nur Aninda
Date Deposited: 23 Dec 2022 05:59
Last Modified: 23 Dec 2022 05:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62197

Actions (login required)

View Item View Item