Penerapan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-heuristik dengan strategi AABTLT with SAS untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi fluida dinamis

HA, Akmal Fahrurrozi (2022) Penerapan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-heuristik dengan strategi AABTLT with SAS untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi fluida dinamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik pada abad ke-21 salah satunya adalah keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-heuristik pada materi fluida dinamis. Metode penelitian ini adalah pre-eksperimental desain Pretest-One Group-Posttest. Sampel yang digunakan adalah XI MIA MAN 1 Tasikmalaya sebanyak 32 peserta didik. Instrumen penelitian berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis AABTLT with SAS, dan keterampilan pemecahan masalah. Teknik analisis data menggunakan perhitungan SAS, N-Gain, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan jika presentase keterlaksanaan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-heuristik 75%. Dan memiliki rata-rata N-Gain sebesar 0,62 dengan kategori sedang. Hasil uji t yang telah diperoleh dari hasil perhitungan adalah thitung 18.56 > ttabel 2,04, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik dengan menerapkan model Logan Avenue Problem Solving (LAPS-heuristik) pada materi fluida dinamis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-heuristik; Keterampilan Pemecahan Masalah; fluida dinamis
Subjects: Education, Research
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Secondary Education
Secondary Education > Upper Level Secondary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Akmal Fahrurrozi HA
Date Deposited: 23 Dec 2022 04:27
Last Modified: 23 Dec 2022 04:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62182

Actions (login required)

View Item View Item