Representasi pesan moderasi beragama dalam film pendek doa suto di Channel Youtube Nu Official : Analisis semiotika roland barthes

Afifah, Nada Al (2022) Representasi pesan moderasi beragama dalam film pendek doa suto di Channel Youtube Nu Official : Analisis semiotika roland barthes. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy

Abstract

Indonesia mudah mengalami perpecahan karena adanya radikalisme, kekerasan, kejahatan, dan hoax. Sikap moderasi ditengah konflik saat ini sangat diperlukan. Salah satu bentuk internalisasi paham moderasi beragama adalah memanfaatkan film yang dilakukan oleh Nahdatul Ulama (NU) yaitu melalui film pendek yang berjudul Doa Suto tahun 2021 yang di upload dalam channel YouTube official bernama NU Online. Film ini menggambarkan beberapa konflik yang sering ditemukan di masyarakat Indonesia yang perlu dipahami dengan paham moderasi beragama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi pesan moderasi beragama yang dirumuskan dalam pertanyaan Apa makna denotasi, konotasi, dan mitos dari pesan moderasi beragama dalam film Doa Suto dalam Channel YouTube NU Official. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian semiotika. Dimana penggumpulan datanya menggunakan cara observasi, dan dokumentasi dengan penentuan keabsahan data model Miles and Huberman melalui tahap data collection, data display, data reduction, dan conclution. Teori yang menjadi dasar dalam penelitian ini adalah teori semiotika Roland Barthes dimana akan membahas mengenai makna denotasi, konotasi, dan mitos sehingga didapatkan representasi dari pesan moderasi beragama. Hasil penelitian menunjukan bahwa ditemukan pesan moderasi beragama berdasarkan pada indikator moderasi beragama yaitu toleransi, anti kekerasan, akomodatif kebudayaan lokal, komitmen kebangsaan (Kemenag RI, 2019: 44-47). Hasil temuan dalam film pendek Doa Suto diantaranya: menghargai perbedaan dalam pengucapan thayyibah, menahan amarah dengan kalimat istighfar, menerima penggunaan dialek, dan bahasa Jawa dalam berdoa dan membaca al-Qur’an, mendamaikan perbedaan paham, dan bentuk pesan moderasi lainnya diluar indicator moderasi beragama yang berkaitan dengan pokok ajaran islam yang tidak dapat diberikan toleransi. Pesan moderasi beragama tersebut kemudian dilihat dari denotasi, konotasi, dan mitos sehingga ditemukan sebagai berikut: Makna denotasi dari pesan moderasi beragama yang ditemukan ialah penggambaran kehidupan masyarakat multikulturalisme menghadapi konflik dengan paham moderasi beragama melalui penggambaran para tokoh dari ekspresi wajah yang ditunjukan, cara berpakaian, situasi tempat, serta dialog percakapan. Makna konotasinya diartikan sebagai representasi dalam upaya membangun sikap moderasi melalui cara dengan menghargai, memahami, dan mengontol emosi serta representasi tokoh yang ada di masyarakat seperti tokoh ustadz dan masyarakat biasa. Makna mitos dari pesan moderasi beragama yang ditemukan ialah moderasi beragama menjadi sikap yang dimiliki masyarakat Indonesia dimana menjadi ruh dalam pengamalan ajaran agama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Moderasi Beragama; Film Pendek; Semiotika
Subjects: Communications Telemunications > Television Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nada Al Afifah
Date Deposited: 26 Dec 2022 01:42
Last Modified: 26 Dec 2022 01:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62163

Actions (login required)

View Item View Item