Penerapan strategi pembelajaran Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain (PDEODE) untuk mengetahui keterampilan Generik Sains siswa pada materi Keanekaragaman Makhluk Hidup.

Muplihah, Eneng (2015) Penerapan strategi pembelajaran Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain (PDEODE) untuk mengetahui keterampilan Generik Sains siswa pada materi Keanekaragaman Makhluk Hidup. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari observasi pendahuluan di SMP Panyawungan Cileunyi Bandung yang memperoleh data bahwa mata pelajaran IPA khususnya materi keanekaragaman makhluk hidup memiliki hasil belajar yang kurang optimal karena menggunakan pembelajaran bersifat teacher centre. Strategi pembelajaran PDEODE dipilih karena mampu menumbuhkan rasa tertarik, motivasi, dan semangat untuk aktif pada saat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM), hal ini disebabkan penggunaan model pembelajaran PDEODE dapat meningkatkan sikap ilmiah kerjasama, dan keterampilan generik sains siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran PDEODE dapat membantu mengembangkan keterampilan generik sains siswa pada materi keanekaragaman makhluk hidup di kelas VII Panyawungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Experiment. Desain penelitiannya adalah One Group posttest-only. Teknik pengambilan sampelnya adalah sampling purposive, dan dipilih kelas VII A dan VII B. Pengumpulan data menggunakan LKS, Test Essay (Postest), dan observasi. Data dianalisis melalui statistik parametris dengan menggunakan uji z. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dengan penggunaan model pembelajaran PDEODE kemampuan generik siswanya adalah 80,08% dan standar deviasi kedua kelas tersebut adalah 6.4 yang diuji dengan taraf signifikan 5%, maka diperoleh kelas A nilai X2hitung < X2 tabel =0.580 < 7.815 dan kelas B X2hitung < X2 tabel =6.383< 7.815. Jadi, data tersebut berdidtribusi normal. Selanjutnya di uji Z didapat hasilnya yaitu kelas A 22,62 dan kelas B 23,86 sedangkan hasil yang diperoleh dari Ztabel dengan menggunakan taraf signifikan 5% yaitu 1.65 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, Penerapan strategi pembelajaran PDEODE di kelas VII SMP Panyawungan dapat membantu mengembangkan keterampilan generik sains siswa dalam memahami materi keanekaragaman makhluk hidup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran PDEODE; Keterampilan Generik Sains; Keanekaragaman Makhluk Hidup
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 29 May 2018 21:35
Last Modified: 29 May 2018 21:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6216

Actions (login required)

View Item View Item