Strategi Pondok Pesantren Al-Hikmah Kasomalang Subang dalam membentuk santri yang unggul : Studi deskriptif di Pondok Pesantren Al-Hikmah Kasomalang Subang

Nurjihad, Muhamad Fikri Gifari (2022) Strategi Pondok Pesantren Al-Hikmah Kasomalang Subang dalam membentuk santri yang unggul : Studi deskriptif di Pondok Pesantren Al-Hikmah Kasomalang Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy

Abstract

Melihat fenomena yang terjadi di Pondok Pesantren Al-Hikmah Kasomalang Subang yaitu minat untuk murojaah hafalan Al-Qur’an terutama di kalangan sebagian anak usia sekolah (13-18 tahun) semakin berkurang ini dikarenakan anak pada usia tersebut masih dalam pencarian jati diri, mereka juga masih mudah terpengaruh dengan lingkungan pergaulan teman-temannya. Dengan kesenangan mereka bermain-main mereka lupa akan kewajibannya sebagai pelajar yaitu belajar menghafal Al-Qur’an. Hal ini juga berdampak dengan kemalasan mereka untuk mempelajari Al-Qur’an terutama menghafal Al- Qur’an. Mereka akan banyak mencari alasan apabila disuruh membaca Al- Qur’an atau menghafal Al-Qur’an. Adapun tujuan dari peneliti ini. (1) Untuk mengetahui Strategi Inovasi yang diterapkan oleh Pondok Pesantren Al-Hikmah Kasomalang Subang. (2) Untuk mengetahui Pelaksanaan strategi yang ada di Pondok Pesantren Al-Hikmah Kasomalang Subang. (3) Untuk mengetahui hasil strategi yang di harapkan Pondok Pesantren Al-Hikmah Kasomalang Subang kepada santrinya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi tentang strategi inovasi, menurut Qomalr Inovalsi dalpalt tercalpali dengaln cepalt daln tepalt melallui aldalnyal straltegi. Straltegi inovalsi pendidikaln Islalm secalral alplikaltif-institusionall yalng pertalmal yalkni semual pihalk halrus membalngkitkaln kesaldalraln untuk mewujudkaln mutu pendidikaln Islalm. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan, dengan metode deskriptif ini mampu mengungkapkan dan menganalisis fenomena yang terjadi dilapangan, dengan jenis data yang digunakan adalah kualitatif, serta Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan juga studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa metode menghafal Al-Qur’an yang di pakai oleh Pondok Pesantren Al-Hikmah yaitu dengan cara saling tes hafalan dengan temen kobong dan juga salah satu cara paling mudah dalam menghafal Al-Qur'an adalah dengan sering mendengarkan murotal. Biasanya, kita akan lebih mudah mengingat sebuah ayat ketika ayat tersebut dilantukan dalam irama yang merdu dan didengarkan berulang-ulang. Semakin sering kita mendengarkan murotal, maka semakin banyak ayat yang kita hafal dengan cepat. Keunggulan yang diharapkan pondok pesantren al- hikmah yaitu menginginkan para santri untuk menjadi seorang hafidz Qur’an, selain itu tetap menyelenggarakan kajian kitab-kitab kuning yang berorientasi pada pendalaman materi ilmu agama Islam. Rencana Pondok Pesantren Al- Hikmah dalam pelaksanaan penghafalan Al-Qur’an oleh para santri dilakukan lima kali dalam satu minggu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pondok Pesantren; Santri
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: muhamad fikri gifari nurjihad
Date Deposited: 23 Dec 2022 00:52
Last Modified: 23 Dec 2022 00:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62155

Actions (login required)

View Item View Item