Hubungan antara motivasi dengan hasil belajar siswa pada materi Ekosistem menggunakan model Problem Based Learning (PBL): Studi penelitian di kelas VII MTs Mekarwangi Pagaden Barat Subang

Nursaádah, Nursaádah (2015) Hubungan antara motivasi dengan hasil belajar siswa pada materi Ekosistem menggunakan model Problem Based Learning (PBL): Studi penelitian di kelas VII MTs Mekarwangi Pagaden Barat Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (744kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak dari sebuah pemikiran bahwa dalam proses pembelajaran memerlukan suatu cara atau metode yang digunakan untuk keberhasilan belajar. Keberhasilan belajar digunakan untuk memotivasi siswa atau memberi dorongan kepada siswa. Problem Based Learning merupakan sebuah model pembelajaran yang menyajikan suatu masalah kontekstual sehingga merangsang siswa untuk belajar secara mandiri. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui motivasi siswa terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem, dan mengetahui hasil belajar siswa serta adakah hubungan antara motivasi dengan hasil belajar siswa pada materi ekosistem menggunakan model problem based learning (PBL). Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Jenis data yang digunakan berupa tes dan angket, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIIB MTs Mekarwangi Pagaden Subang yang berjumlah 25 siswa. Terdapat satu kelompok penelitian yang diberi perlakuan, yaitu kelompok yang menggunakan model problem based learning (PBL). Untuk mengolah data, penulis mengunakan tes, angket dan wawancara. Setelah data dikumpulkan, langkah selanjutnya dengan analisis statistik kolerasional bivariat, yaitu menggunakan Product Moment dan Regresi Linear. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran menggunakan model problem based learning mengalami peningkatan lebih baik. Kategori indiktor paling baik hasil belajar siswa yaitu C3 dengan rata-rata nilai 77.5. Untuk mengetahui motivasi siswa dengan menggunakan angket sebagai data utama dilihat dari hasil analisis angket memiliki nilai sebesar 4.01. Sedangkan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebagai data utama yang di jaring melalui tes setelah proses pembelajaran menggunakan Problem Based Learning memiliki nilai rata-rata sebesar 69.60. Sedangkan untuk mengatahui hubungan antara motivasi dengan hasil belajar menggunakan derajat korelasi dengan nilai sebesar 0.21. Hasil perhitungan uji-t data tes dan angket diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 1.03 > 0.396 dengan taraf signifikasi 0.05%. Sedangkan untuk kadar pengaruh variabel X terhadap Y sebesar 30.00%. Jadi dapat disimpulkan terdapat hubungan antara motivasi dengan hasil belajar siswa pada materi ekosistem menggunakan model Problem Based Learning, dengan kadar pengaruh 30.00%, sedangkan 70.00% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain seperti kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 29 May 2018 21:34
Last Modified: 29 May 2018 21:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6213

Actions (login required)

View Item View Item