Hubungan kepemimpinan Kepala Madradah dengan motivasi kerja tenaga kependidikan: Penelitian di Madradah Aliyah se-KKM 1 Garut

Farhan, Syafiq Ahmad Naji (2022) Hubungan kepemimpinan Kepala Madradah dengan motivasi kerja tenaga kependidikan: Penelitian di Madradah Aliyah se-KKM 1 Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. Daftar Isi.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4. Bab 1.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy

Abstract

Madrasah sebagai salah satu Lembaga Pendidikan yang bertanggung jawab terhadap pencapaian serta peningkatan mutu pendidikan dan optimalisasi proses pendidikan tidak terlepas dari adanya kepemimpinan kepala madrasah yang dapat mempengaruhi, mengerakkan semua orang yang terhubung dalam penyelenggaran pendidikan seperti tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Penelitian ini bertujuan untuk:1) Untuk mengetahui Kepemimpinan Kepala Madrasah Aliyah Se-KKM 1 Garut. 2) Untuk mengetahui Motivasi Kerja Tenaga Kependidikan Madrasah Aliyah Se-KKM 1 Garut. 3) Untuk Menganalisa Hubungan Kepemimpinan Kepala Madrasah dengan Motivasi Kerja Tenaga Kependidikan Madrasah Aliyah Se-KKM 1 Garut. Indikator yang digunakan untuk kepemimpinan kepala madrasah terdiri dari delapan indikator yaitu Adil, Memberikan Sugesti, Mendukung tercapainya tujuan, Sebagai katalisator, Menciptakan Rasa Aman, sebagai wakil organisasi Sumber inspirasi, dan Bersikap Menghargai, sedangkan untuk indikator motivasi kerja tenaga kependidikan terdiri dari indikator yaitu Kebutuhan fisiologikal, Kebutuhan rasa aman, Kebutuhan akan harga diri, Aktualisasi diri dan Prakondisi Kebutuhan Dasar. Adapun hipotesis dalam penelitian ini ialah terdapat hubungan antara Kepemimpinan Kepala Madrasah dengan Motivasi Kerja Tenaga Kependidikan Se-KKM 1 Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kuantitatif dengan jenis metode korelasi. Sedangkan untuk teknik yang diguanakan ialah uji instrumen penelitian, analisis parsial perindikator, uji normalitas data, uji reliabilitas data, uji linieritas serta uji korelasi mengunakan aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjunkan bahwa 1) Kepemimpinan Kepala Madrasah Se-KKM 1 Garut berada pada kategori sangat tinggi yakni 4,60 yang masuk pada rentang interval 4,6-5,5. 2) Motivasi Kerja Tenaga kependidikan berada pada kategori tinggi yakni 4,50 yang masuk pada rentang interval 3,6-4,5. 3) Hasil yang didapatkan dari perhitungan uji korelasi antara Kepemimpinan Kepala Madrasah dengan Motivasi Kerja Tenaga Kependidikan memiliki nilai signifikasi 0,000 atau lebih kecil dari 0,05 (0,000 <0,05) dan untuk nilai koefisiennya sebesar 0,714 yang masuk pada interval 0,51-0,75 artinya bahwa Kepemimpinan Kepala Madrasah dengan Motivasi Kerja Tenaga Kependidikan memiliki tingkat hubungan yang kuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Kepala Madrasah; Motivasi Kerja; Tenaga Kependidikan
Subjects: Islam > Islamic Leaders
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Syafiq Ahmad Naji Farhan
Date Deposited: 03 Jan 2023 01:47
Last Modified: 03 Jan 2023 01:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62119

Actions (login required)

View Item View Item