Manajemen rekrutmen tenaga kependidikan dan hubungannya dengan profesionalitas tenaga kependidikan : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se-kabupaten Karawang

Nurfikriah, Nadia (2022) Manajemen rekrutmen tenaga kependidikan dan hubungannya dengan profesionalitas tenaga kependidikan : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se-kabupaten Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)

Abstract

Tenaga kependidikan sebagai penggerak utama dalam perkembangan lembaga pendidikan sehingga manajemen rekrutmen merupakan sasaran utama dalam menyediakan pasokan tenaga kerja yang cukup untuk memenuhi kebutuhan lembaga pendidikan. Masalah yang timbul yaitu belum adanya pedoman pelaksanaan rekrutmen tenaga kependidikan, sehingga proses rekrutmen dari beberapa madrasah mengandalkan wawancara dan atau melalui sistem kekeluargaan dengan mengutamakan para alumni madrasah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan dan menganalisis manajemen rekrutmen tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri se-kabupaten Karawang. 2) mendeskripsikan dan menganalisis profesionalitas tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri se-kabupaten Karawang. 3) menguji hipotesis hubungan manajemen rekrutmen tenaga kependidikan dengan profesionalitas tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri se-kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data berupa penyebaran angket (kuisioner) dan teknik analisis data melalui uji instrumen, analisis statistik deskriptif, analisis korelasi, uji koefisien korelasi dan koefisien determinasi. Indikator variabel manajemen rekrutmen tenaga kependidikan melalui tahapan penentuan dasar rekrutmen, penentuan sumber-sumber rekrutmen, metode-metode rekrutmen dan kendala-kendala rekrutmen. Variabel profesionalitas tenaga kependidikan memiliki indikator kualifikasi dan kompetensi tenaga kependidikan dengan hasil hipotesis kedua variabel ialah Ha: terdapat hubungan/korelasi yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen rekrutmen tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Karawang dinilai cukup baik pada rentang interval 2,60 – 3,39 dengan nilai rata-rata 2,88. Profesionalitas tenaga kependidikan pada Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Karawang dalam kategori cukup baik pada rentang 2,60 – 3,39 dengan nilai rata-rata 3,02. Hasil korelasi signifikansi hubungan manajemen rekrutmen tenaga kependidikan dengan profesionalitas tenaga kependidikan ialah 0,000. Berdasarkan nilai 0,000 < 0,05, dan koefisien korelasi 0,577 pada kisaran 0,40 – 0,599 yang artinya terdapat korelasi atau hubungan yang cukup (sedang) antara manajemen rekrutmen tenaga kependidikan dengan profesionalitas tenaga kependidikan. Perhitungan nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,313 pada kategori rendah. Artinya terdapat kontribusi positif variabel manajemen rekrutmen tenaga kependidikan terhadap profesionalitas tenaga kependidikan sebanyak 31,3 % serta terdapat faktor selain manajemen rekrutmen yang lebih dominan dalam memenuhi profesionalitas tenaga kependidikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Rekrutmen; Profesionalitas Tenaga Kependidikan
Subjects: General Management > Education, Research of Management
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nadia Nurfikriah
Date Deposited: 22 Dec 2022 03:48
Last Modified: 22 Dec 2022 03:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62088

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item