Dampak peran ganda perempuan pekerja terhadap keharmonisan keluarga di tengah pandemi Covid-19 : Penelitian di Desa Mangunarga Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang

Muttaqin, Aburizal Mi'razul (2022) Dampak peran ganda perempuan pekerja terhadap keharmonisan keluarga di tengah pandemi Covid-19 : Penelitian di Desa Mangunarga Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena peran ganda perempuan pekerja pada masyarakat Desa Mangunarga Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang selama masa pandemi Covid-19, dimana mereka memiliki peran tambahan yang membuat beban kerjanya semakin meningkat karena sebagian besar aktivitas publik dilaksanakan di dalam rumah. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bentuk peran ganda yang dijalankan oleh perempuan pekerja selama masa pandemi Covid-19, serta mencari tahu dampak dari peran ganda tersebut terhadap keharmonisan keluarga pada masyarakat Desa Mangunarga. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori Strukturalisme Fungsionalisme yang dikemukakan oleh Robert K. Merton yang menjelaskan bahwa masyarakat merupakan suatu sistem sosial yang terdiri dari bagian dan saling berkaitan serta menyatu dalam keseimbangan. Keberadaan teori ini untuk menjelaskan peran ganda yang dijalankan oleh perempuan pekerja dimana ada keterkaitan antara peran yang satu dengan peran yang lain dan saling mempengaruhi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data berasal dari wawancara mendalam, observasi dan kajian dokumentasi. Wawancara mendalam dilakukan dengan informan kunci yaitu perempuan pekerja yang sudah menikah. Observasi berkaitan dengan perilaku, situasi dan suasana dalam penyeimbangan peran yang dilakukan antara pekerjaan di sektor dometik dan pekerjaan di sektor publik. Dokumentasi yang digunakan berupa foto ketika wawancara sedang berlangsung dengan informan serta kedekatan dengan keluarganya. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari informan yang dipilih melalui teknik purposive sampling, dengan kriteria perempuan pekerja yang sudah menikah di Desa Mangunarga. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan penelitian ini ialah perempuan pekerja mengalami penambahan peran selama masa pandemi Covid-19 hal ini disebabkan karena terjadi peralihan rutinitas yang harus dilaksanakan di dalam rumah sepenuhnya. Dalam kondisi tersebut anggota dalam role-set menerapkan strategi penyeimbang peran ganda dengan cara membagi intensitas peran yang berbeda-beda, menjalin kerjasama dan membuat komitmen untuk mencegah terjadinya konflik dan disfungsi sehingga keluarga mereka tatap harmonis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran ganda; perempuan pekerja; pandemi; covid-19
Subjects: Social Groups
Labor Economics > Women Workers
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Aburizal Mi'razul Muttaqin
Date Deposited: 21 Dec 2022 02:13
Last Modified: 21 Dec 2022 02:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62041

Actions (login required)

View Item View Item