Pengaruh integritas dan kompetensi auditor internal syariah terhadap kualitas hasil audit di Bank Jabar Banten Syariah Kantor Pusat

Nazira, Tanisa Diva (2022) Pengaruh integritas dan kompetensi auditor internal syariah terhadap kualitas hasil audit di Bank Jabar Banten Syariah Kantor Pusat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy

Abstract

Auditor internal bertanggung jawab dalam mengontrol dan mengevaluasi efektivitas pengendalian, tata kelola, serta proses akuntansi perusahaan. Auditor internal dituntut secara profesional untuk melaksanakan fungsi audit dengan baik. Pentingnya eksistensi seorang auditor internal, menuntut para auditor internal untuk memiliki integritas, kompetensi sehingga menghasilkan kualitas hasil audit yang signifikan. Hal tersebut tidak sesuai dengan fenomena yang terjadi pada BJB Syariah Kantor Pusat dimana Bank BJB Syariah memiliki beberapa temuan audit yang tidak terdeteksi oleh auditor intern bank tersebut, akan tetapi ditemukan oleh auditor eksternal bahkan oleh Bareskrim. Temuan tersebut adalah suatu bentuk kecurangan dimana kegagalan pencegahan kecurangan (fraud) ini banyak disebabkan oleh lemahnya fungsi pengendalian yang dilakukan oleh auditor internal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) pengaruh integritas secara parsial terhadap kualitas hasil audit 2) pengaruh kompetensi secara parsial terhadap kualitas hasil audit dan 3) pengaruh integritas dan kompetensi secara simultan terhadap kualitas hasil audit. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan melakukan analisis data menggunakan uji statistik deskriptif. Adapun teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Kualitas hasil audit yaitu suatu proses sistematik untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti secara objektif mengenai pernyataan- pernyataan tentang kegiatan dan kejadian- kejadian ekonomi, dengan tujuan untuk menetapkan tingkat kesesuaian antara pernyataan- pernyataan tersebut dengan kriteria yang telah ditetapkan, serta penyampaian hasil-hasilnya kepada pemakai yang berkepentingan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) nilai signifikansi integritas sebesar 0,000 sehingga integritas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kualitas hasil audit 2) nilai signifikansi kompetensi sebesar 0,33 sehingga kompetensi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kualitas hasil audit, dan 3) nilai signifikansi integritas dan kompetensi sebesar 0,000 sehingga integritas dan kompetensi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kualitas hasil audit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Integritas; Kompetensi; Auditor Internal Syariah; Kualitas Hasil Audit
Subjects: Accounting
Accounting > Auditing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Tanisa Diva Nazira
Date Deposited: 26 Dec 2022 00:41
Last Modified: 26 Dec 2022 00:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62021

Actions (login required)

View Item View Item