Penggunaan media pembelajaran Puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Energi dan Usaha

Supriati, Lisnayanti (2013) Penggunaan media pembelajaran Puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Energi dan Usaha. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (638kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text (BAB III)
6_BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang di MTsN Ujungjaya Kabupaten Sumedang, terdapat fakta bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika khususnya materi energi dan usaha masih sangat rendah. Hal yang menjadi masalah adalah siswa tidak ikut terlibat dalam pelaksanaan pembelajaran, karena siswa hanya menerima materi dari guru saja. Selain itu, penggunaan media pembelajaran masih belum maksimal dimanfaatkan oleh guru untuk membantu proses pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa kurang maksimal. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran fisika dengan menggunakan media pembelajaran puzzle pada materi energi dan usaha. (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran puzzle pada materi energi dan usaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre experimental design. Penelitian dilakukan di MTsN Ujungjaya Kabupaten Sumedang dengan sampel sebanyak 26 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan cara diundi. Data mengenai keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi, dan data hasil belajar siswa diperoleh menggunakan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda. Dari hasil penelitian data yang diperoleh: (1) keterlaksanaan pembelajaran fisika berdasarkan aktivitas guru dan siswa dari setiap pertemuan mengalami peningkatan. Presentase keterlaksanaan guru pada pertemuan kesatu sebesar 94% dan aktivitas siswa sebesar 87% dengan kategori sangat baik. sedangkan pertemuan kedua dan ketiga keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 100% dan keterlaksanaan aktivitas siswa pada pertemuan kedua sebesar 93% dan ketiga sebesar 100% dengan kategori sangat baik. (2) hasil belajar siswa berdasarkan indeks normal gain sebesar 0,56 termasuk kategori sedang. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji wilcoxon didapat nilai Zhitung (4,46) > Ztabel (1,65), dengan α = 0,05. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran puzzle di kelas VIII-A MTsN Ujungjaya Kabupaten Sumedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Physics > Theories and Mathematical Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 29 May 2018 21:23
Last Modified: 29 May 2018 21:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6202

Actions (login required)

View Item View Item