Efektivitas organisasi hubungannya dengan penggunaan platform Alif Iqra: Penelitian pada pengguna platform Alif Iqra di lembaga Alif Iqra Bandung

Najuba, Hilyatun (2022) Efektivitas organisasi hubungannya dengan penggunaan platform Alif Iqra: Penelitian pada pengguna platform Alif Iqra di lembaga Alif Iqra Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (584kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy

Abstract

Platform Alif Iqra merupakan sistem informasi lembaga yang dapat membantu pencarian jasa guru ngaji. Untuk mengoptimalkan tingkat penggunaannya diperlukan efektivitas organisasi pada lembaga tersebut. Namun terdapat permasalahan yang terjadi dilapangan yaitu kurangnya waktu orang tua dalam mengajarkan anak membaca alqur’an dan kurangnya pemahaman dan pengetahuan tentang metode dan hukum-hukum bacaan Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas organisasi dilembaga Alif Iqra, untuk mengetahui penggunaan platform Alif Iqra, dan untuk menganalisa hubungan efektivitas organisasi dengan penggunaan platform Alif Iqra. Indikator pada efektivtas organisasi meliputi kegunaan, ketepatan dan objektivitas, ruang lingkup, efektivitas biaya, akuntabilitas, ketepatan waktu. Sedangkan indikator pada platform Alif Iqra yaitu kualitas sistem, kualitas informasi SIM, penggunaan sistem, kepuasan pemakaian sistem.Maka hipotesis dalam dari penelitian ini yaitu Ha=terdapat hubungan antara efektivitas organisasi dengan penggunaan platform Alif Iqra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuisioner yang dibagikan kepada responden sasaran. Adapun teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini melalui tahapan uji instrumen (validitas, reabilitas), uji analisis parsial tiap indikator, uji normalitas data, uji lineritas data, dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas organisasi di lembaga Alif Iqra Bandung menghasilkan nilai 4,35 termasuk pada kategori sangat tinggi karena berada pada rentang 4,20-5,00. Pada penggunaan platform Alif Iqra menghasilkan nilai 4,38 termasuk pad kategori sangat tinggi , karena berada pada rentang 4,20-5,00. Hasil korelasi yang diperoleh dari variabel X dan variabel Y yaitu 0,000<0,05 yang berarti memiliki hubungan atau korelasi yang signifikan dari kedua variabel. Lalu diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,552 yang memiliki arti sedang karena berada padainterval 0,40-0,59.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Organisasi; Platform Alif Iqra; Sistem Informasi Manajemen;
Subjects: Education > Organization of Education
General Management > Information Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Hilyatun Najuba
Date Deposited: 21 Dec 2022 03:11
Last Modified: 21 Dec 2022 03:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62014

Actions (login required)

View Item View Item