Tanggapan siswa terhadap model Hybrid Learning hubungannya dengan hasil belajar kognitif dalam pembelajaran PAI: Penelitian pada siswa kelas XI IPA SMAN Jatinangor Kabupaten Sumedang

Firdaus, Muhammad Yusron (2022) Tanggapan siswa terhadap model Hybrid Learning hubungannya dengan hasil belajar kognitif dalam pembelajaran PAI: Penelitian pada siswa kelas XI IPA SMAN Jatinangor Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, diperoleh informasi dari guru yang menunjukkan adanya kesenjangan antara tanggapan siswa terhadap model hybrid learning dengan hasil belajar siswa, pada satu sisi siswa memberikan tanggapan negatif terhadap model hybrid learning dalam pembelajaran PAI, namun di sisi lain hasil belajar siswa pada pelajaran PAI dalam kategori meningkat. Seharusnya ada keselarasan antara tanggapan siswa terhadap suatu model pembelajaran dengan hasil belajar. Hal tersebut menunjukan adanya permasalahan yang menarik untuk diteliti guna mengukur dan mengetahui ada tidaknya hubungan antara tanggapan siswa terhadap model hybrid learning dengan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan guna mengatahui: 1) Tanggapan siswa terhadap model hybrid learning, 2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI, dan 3) Hubungan antara tanggapan siswa terhadap model hybrid learning dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI salah satunya dipengaruhi oleh tanggapan siswa terhadap model hybrid learning. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi tanggapan siswa terhadap pembelajaran model hybrid learning, maka akan semakin baik hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Jenis data penelitian yang digunakan adalah data kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket, tes, studi dokumen, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menempuh teknik analisis parsial perindikator, analisis normalitas, dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan diperolehnya: 1) Tanggapan siswa terhadap model hybrid learning berkategori sangat tinggi dengan skor akhir 3,62 yang berada pada interval 3,40 – 4,19, 2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI berkategori sangat baik dengan nilai 80 berada pada interval 80-100, 3) Tanggapan siswa terhadap pembelajaran model hybrid learning dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI berkategori rendah dengan skor 0,32 yang berada pada interval 0,20 – 0,39. Begitupun dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa Thitung sebesar 3,581 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh Ttabel 2,069 ini menandakan bahwa Thitung lebih besar daripada Ttabel, dapat diambil kesimpulan maka (Ha) diterima yang menyatakan bahwa adanya hubungan antara tanggapan siswa terhadap pembelajaran model hybrid learning dengan hasil belajar kognitif dalam pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan; Hybrid Learning
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Yusron Firdaus
Date Deposited: 21 Dec 2022 01:54
Last Modified: 21 Dec 2022 01:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62009

Actions (login required)

View Item View Item