Kondisi sosial ekonomi pedagang pasca perelokasian pasar Pelita kota Sukabumi: Penelitian mengenai dampak relokasi di pasar Pelita kecamatan Cikole kota Sukabumi

Andhika, Muhammad (2022) Kondisi sosial ekonomi pedagang pasca perelokasian pasar Pelita kota Sukabumi: Penelitian mengenai dampak relokasi di pasar Pelita kecamatan Cikole kota Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)

Abstract

Pada tahun 2015 Pasar Pelita Kota Sukabumi diinstruksikan oleh Pemerintah Kota Sukabumi untuk segera dikosongkan oleh para pedagang karena Pasar Pelita akan direvitalisasi. Penyebabnya adalah bangunan Pasar Pelita ini dinilai sudah mengalami kerusakan akibat termakan oleh usia dan waktu. Maka dari itu Pemerintah Kota Sukabumi mengeluarkan kebijakan relokasi yaitu memindahkan para pedagang yang sebelumnya berada di Pasar Pelita ke Pasar Penampungan Sementara. Tetapi kebijakan ini tentunya berdampak pada kehidupan sosial dan ekonomi para pedagang. Tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui mengenai kondisi pedagang pasca perelokasian Pasar Pelita, bagaimana proses mekanisme perelokasian Pasar Pelita, respon para pedagang terkait perelokasian Pasar Pelita, dan dampak yang dirasakan oleh para pedagang yang terkena relokasi khususnya pada kehidupan sosial dan ekonomi mereka. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori struktural fungsional Talcott Parsons. Talcott Parsons mengungkapkan struktural fungsional dalam konsep Adaptation, Goal attainment, Integration, dan Latency (AGIL). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data primer dalam penelitian ini berasal dari DISKUMINDAG Kota Sukabumi, SATPOL PP Kota Sukabumi, pengelola Pasar Pelita, pedagang Pasar Pelita, dan pengunjung Pasar Pelita. Data Sekunder dalam penelitian ini berasal dari literatur yang berhubungan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa revitalisasi Pasar Pelita Kota Sukabumi memiliki hasil yang cukup positif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Tata kelola yang lebih terstruktur, keamanan, kebersihan, dan kenyamanan yang lebih terjaga daripada Pasar Pelita yang dulu. Para pedagang dan pengunjung merasakan kepuasan ketika mereka berada di lingkungan Pasar Pelita Kota Sukabumi. Disamping hasil positif dari revitalisasi Pasar Pelita, akibat adanya relokasi pasar juga menimbulkan dampak negatif yang sangat dirasakan oleh para pedagang. Hal yang paling dirasakan oleh para pedagang yaitu penurunan pendapatan. Tetapi hal tersebut dapat mereka atasi dan tetap bertahan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya dengan terus berjualan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pedagang; Relokasi Pasar; Sosial dan Ekonomi
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Econmics > Economic Situation and Conditions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Muhammad Andhika
Date Deposited: 21 Dec 2022 07:32
Last Modified: 21 Dec 2022 07:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61992

Actions (login required)

View Item View Item