Implementasi pasal 103 ayat (2) Peraturan Daerah Kabupaten Sumedang nomor 1 tahun 2018 tentang Pajak Daerah dalam meningkatkan Pajak Bumi dan Bangunan di Kabupaten Sumedang di tinjau dari siyasah Maliyah

Azahro, Yuli Siti (2022) Implementasi pasal 103 ayat (2) Peraturan Daerah Kabupaten Sumedang nomor 1 tahun 2018 tentang Pajak Daerah dalam meningkatkan Pajak Bumi dan Bangunan di Kabupaten Sumedang di tinjau dari siyasah Maliyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (597kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah menempatkan sektor perpajakan sebagai salah satu wujud untuk meningkatkan daya dukung rakyat dalam pembangunan seperti yang tertuang dalam Peraturan Daerah Kabupaten Sumedang Nomor 1 Tahun 2018 tentang Pajak Daerah. Penerimaan Pajak Daerah dapat dikatakan efektif apabila pencapaian hasil telah sesuai target yang telah ditentukan. Tetapi berbeda halnya dengan di Kabupaten Sumedang, bahwa realisasi penerimaan Pajak khususnya Pajak Bumi dan Bangunan pada tiga tahun terakhir memperoleh hasil yang tidak efektif. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan mengenai strategi badan pendapatan daerah dalam meningkatkan Pajak Bumi dan Bangunan, mendeskripsikan mengenai dampak strategi dari pelaksanaan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan untuk pembangunan, serta mengetahui tinjauan siyasah maliyah terhadap strategi dan dampak Peraturan Daerah Kabupaten Sumedang Nomor 1 Tahun 2018 tentang Pajak Daerah. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori Siyasah Maliyah yang berkaitan dengan prinsip keadilan dan prinsip mashlahah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif, dengan pendekatan kualitatif, yaitu berdasarkan fenomena yang terjadi di lapangan, pengumpulan dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi pustaka, yang berhubungan dengan peraturan pajak daerah. Hasil temuan dalam penelitian skripsi ini yaitu: pertama strategi badan pendapatan daerah Sumedang yaitu memberikan sosialisasi mengenai pentingnya pajak, pemberdayaan masyarakat, memberikan fasilitas "titip bayar", mengadakan pekan pembayaran pajak bumi dan bangunan bersama bank bjb, penyediaan bapenda keliling. Kedua dampak strategi badan pendapatan daerah yaitu kurangnya kesadaran masyarakat, penilaian negatif terhadap aparatur pemungutan pajak, dan adanya objek pajak yang kosong. Ketiga ditinjau dari siyasah maliyah fungsi kebijakan ekonomi Islam diarahkan langsung pada setiap pemangku kebijakan dengan tetap memperhatikan prinsip keadilan dan mashlahah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Pajak Bumi dan Bangunan; Pajak Daerah; Siyasah Maliyah
Subjects: Public Finance > Taxes and Taxation
Constitutional and Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: YULI SITI YULI AZAHRO
Date Deposited: 20 Dec 2022 03:23
Last Modified: 20 Dec 2022 03:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61944

Actions (login required)

View Item View Item