Mahasiswa non jurnalistik sebagai jurnalis kampus : Studi fenomenologi pada mahasiswa non jurnalistik sebagai jurnalis kampus LPM Suaka dan Bandung OKE TV

Azhara, Fasya Fariha (2022) Mahasiswa non jurnalistik sebagai jurnalis kampus : Studi fenomenologi pada mahasiswa non jurnalistik sebagai jurnalis kampus LPM Suaka dan Bandung OKE TV. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy

Abstract

Jurnalistik merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana mencari serta menghimpun suatu peristiwa untuk disusun menjadi sebuah informasi yang bernilai berita dan disebarluaskan kepada khalayak. Mahasiswa pun bisa mengimplementasikan kegiatan jurnalistik, salah satunya dengan menjadi jurnalis kampus. Idealnya harus memiliki latarbelakang pendidikan kejurnalistikan. Namun seiring berjalannya waktu, banyak mahasiswa yang tidak memiliki latarbelakang kejurnalistikan menjadi jurnalis kampus. Hal ini menjadi suatu yang unik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman mahasiswa non jurnalistik terkait jurnalistik dan jurnalis kampus, untuk mengetahui motif mahasiswa non jurnalistik sebagai jurnalis kampus, serta pengalaman mahasiswa non jurnalistik sebagai jurnalis kampus. Di dalam penelitian ini melibatkan enam informan jurnalis kampus yang berasal dari LPM Suaka dan Bandung Oke TV. Penelitian ini menggunakan teori fenomenologi. Teori fenomenologi mencoba mencari pemahaman manusia dalam mengkontruksikan sebuah makna dalam kerangka intersubjektif. Pemahaman kita mengenai dunia dibentuk oleh hubungan kita dengan orang lain. Hal ini membuktikan bahwa pengalaman berdasarkan pengetahuan dari individu itu sendiri dengan adanya campur tangan individu lain. Penelitian ini menggunakaan metode fenomenologi yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman mahasiswa non jurnalistik terkait jurnalis kampus dan tugasnya. Kemudian mengetahui motif yang menjadikan informan sebagai jurnalis kampus. Selanjutnya pengalaman mahasiswa non jurnalistik sebagai sumber data yang menjadi bahan penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa (1) mahasiswa non jurnalistik memahami kegiatan jurnalistik sebagai kegiatan mencari, mengumpulkan dan menyebarluaskan sebuah informasi kepada khalayak dan tugas jurnalis kampus sama dengan kegiatan jurnalistik, namun terdapat perbedaan dalam sasaran khayalak pemberitaannya, karena hanya melibatkan civitas akademik; (2) motif para mahasiswa non jurnalistik dibagi menjadi dua yaitu, motif tujuan para mahasiswa non jurnalistik sebagai jurnalis kampus dan motif dorongan mahasiswa non jurnalistik untuk masuk menjadi jurnalis kampus; dan (3) Mahasiswa non jurnalistik memiliki pengalaman yang berbeda sebelum dan sesudah menjadi jurnalis kampus, khususnya pada aspek kepekaan atas isu- isu, lebih responsif atas persoalan seputar kampus, dan berperilaku lebih hati-hati dalam menyebarluaskan informasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jurnalis Kampus; Mahasiswa Non Jurnalistik; Pers Kampus
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Fasya Fariha Azhara
Date Deposited: 22 Dec 2022 01:05
Last Modified: 22 Dec 2022 01:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61919

Actions (login required)

View Item View Item