Pengaruh implementasi layanan orientasi terhadap pendidikan karakter peserta didik: Penelitian di SMP IT Asy-Syukriyyah dan SMP Muhammadiyah 04 Kota Tangerang

Luthfiah, Siti (2022) Pengaruh implementasi layanan orientasi terhadap pendidikan karakter peserta didik: Penelitian di SMP IT Asy-Syukriyyah dan SMP Muhammadiyah 04 Kota Tangerang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (978kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy

Abstract

Akar permasalahan dalam penelitian ini adalah telah terjadi pelanggaran-pelanggaran ringan disekolah oleh peserta didik baru, disebabkan oleh belum optimalnya pelaksanaan pendidikan karakter pada kegiatan orientasi peserta didik maka terdapat beberapa murid baru yang masih belum memahami bagaimana berperilaku yang baik, ada yang tidak disiplin waktu, lalu ada yang tidak aktif berinteraksi dengan temannya, serta peserta didik yang melanggar tata tertib sekolah. Layanan orientasi merupakan bagian penting dalam fungsi layanan bimbingan dan konseling pendidikan, jika semakin baik pelaksanaan layanan orientasi peserta didik dapat memberi dampak baik pula pada pendidikan karakter. Pendidikan karakter adalah sebuah proses kegiatan untuk mengarahkan peserta didik secara sadar dan terencana. Dalam pelaksanaannya diketahui perbedaan pembelajaran disekolah sebelumnya membuat beberapa peserta didik yang kurang baik dalam berperilaku sehingga belum optimalnya layanan orientasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi. Data penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner dengan model skala likert yang terdiri dari lima jawaban pilihan kepada 75 responden. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji instrument (validitas dan realibilitas), uji analisis indikator, uji prasyarat analisis (uji normalitas dan linieritas), uji korelasional (uji rank sparman), uji hipotesis (analisis regresi linier sederhana dan uji t), serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian di SMP IT Asy-syukriyyah dan Smp Muhammadiyah 4 Kota Tangerang menunjukkan bahwa, layanan orientasi peserta didik di SMP IT Asy-syukriyyah dan Smp Muhammadiyah 4 Kota Tangerang, berada pada kategori tinggi sebesar 3,94. Pendidikan karakter di SMP IT Asy-syukriyyah dan Smp Muhammadiyah 4 Kota Tangerang, berada pada kategori tinggi senilai 3,97. Terdapat pengaruh signifikan antara layanan orientasi peserta didik terhadap pendidikan karakter peserta didik sebesar 0,000, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dan nilai koefisien korelasi 0,491 tergolong dalam rentang interval 0,40 – 0,59 yang berarti memiliki tingkat hubungan sedang. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa setiap penambahan 1% tingkat layanan orientasi peserta didik maka pendidikan karakter peserta didik akan meningkat senilai 0,698. Hasil uji parsial (uji-t) menjelaskan bahwa pengaruh kedua variabel dengan nilai thitung 4,819 dan ttabel 1,99300 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan nilai sebesar 0,241 yang artinya 24,1% pendidikan karakter peserta didik dipengaruhi oleh layanan orientasi peserta didik, sedangkan 75,9% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Layanan Orientasi; Pendidikan karakter
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Luthfiah
Date Deposited: 06 Jan 2023 01:06
Last Modified: 06 Jan 2023 01:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61903

Actions (login required)

View Item View Item