Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berbasis sistem Zonasi hubungannya dengan pemerataan pendidikan : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se Kabupaten Bandung

Putri, Syifa Adya (2022) Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berbasis sistem Zonasi hubungannya dengan pemerataan pendidikan : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy

Abstract

Penerimaan peserta didik baru merupakan proses yang dimulai dari pendaftaran serta pelayanan kepada peserta didik yang baru masuk sekolah, setelah peserta didik sudah memenuhi pesryaratan yang telah ditetapkan oleh lembaga pendidikan atau sekolah tersebut. Dalam penerimaan peserta didik baru kepala sekolah akan membentuk panitian peneriman peserta didik baru (PPDB). Adapun tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui : 1) manajemen penerimaan peserta didik baru (PPDB) berbasis sistem zonasi di Madrasah Aliyah Negeri se kabupaten bandung, 2) pemerataan pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri se Kabupaten Bandung, dan 3) hubungan manajemen penerimaan peserta didik baru (PPDB) berbasis sistem zonasi dengan pemerataan pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri se Kabupaten Bandung. Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Berbasis Sistem Zonasi memiliki indikator perencanaan PPDB, pengorganisasian PPDB, pelaksanaan PPDB, dan pengawasan PPDB. Adapun indikator dari pemerataan pendidikan yaitu jumlah penduduk per sekolah, jumlah buta huruf, jumlah putus sekolah, jumlah siswa per sekolah, dan jumlah guru per sekolah. Adapun hipotesis penelitian ini merupakan H_a = Terdapat korelasi yang positif antara manajemen penerimaan peserta didik baru (PPDB) berbasis sistem zonasi dengan pemerataan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dengan metode korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini ialah dengan menyebarkan angket/kuisioner. Kemudian teknik analisis data yang digunakan penelitian ini merupakan uji instrument, analisis statistik, analisis korelasi, uji koefisien korelasi, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa manajemen penerimaan peserta didik baru (PPDB) berbasis sistem zonasi se kabupaten bandung termasuk pada kualifikasi Tinggi yaitu dengan nilai rata-rata 3,49 berada pada rentang interval 3,40 – 4,19, sesuai dengan perhitungan menggunakan Aplikasi SPSS. Pemerataan pendidikan termasuk pada kualifikasi Cukup yaitu dengan nilai rata-rata 3,24 berada pada rentang interval 2,60 – 3,39. Hasil yang diperoleh dari korelasi signifikansi hubungan antara manajemen penerimaan peserta didik baru (PPDB) berbasis sistem zonasi dengan pemerataan pendidikan diperoleh 0,000. Oleh karena itu 0,000 < 0,05, dan nilai koefisien korelasi 0,667 terdapat pada nilai interval 0,60 – 0,79 yang berarti manajemen penerimaan peserta didik baru (PPDB) berbasis sistem zonasi memiliki hubungan yang kuat dengan pemerataan pendidikan. Kemudian diperoleh nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,425, artinya bahwa kontribusi variabel manajemen penerimaan peserta didik baru (PPDB) berbasis sistem zonasi terhadap pemerataan pendidikan merupakan 42,5%, yang berarti pengaruh manajemen penerimaan peserta didik baru (PPDB) dengan pemerataan pendidikan ialah sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Berbasis Sisem Zonasi; Pemerataan Pendidikan.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Syifa Adya Putri
Date Deposited: 20 Dec 2022 02:28
Last Modified: 20 Dec 2022 02:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61902

Actions (login required)

View Item View Item