Hubungan implementasi kebijakan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (SIMBA PD PONTREN) dengan efektivitas pendataan Education Management Information System (EMIS) pondok pesantren : Penelitian di Pesantren se-Kabupaten Ciamis

Anisa, Ana (2022) Hubungan implementasi kebijakan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (SIMBA PD PONTREN) dengan efektivitas pendataan Education Management Information System (EMIS) pondok pesantren : Penelitian di Pesantren se-Kabupaten Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan implementasi kebijakan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (SIMBA PD Pontren) dengan Efektivitas Pendataan Education Management Information System (EMIS) Pondok Pesantren di Pesantren se-Kabupaten Ciamis. Penelitian ini digunakan untuk : (1) Mengetahui implementasi kebijakan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (SIMBA PD Pontren) Kabupaten Ciamis; (2) Mengetahui efektivitas pendataan Education Management Information System (EMIS) pondok p=esantren di Kabupaten Ciamis; dan (3) Mengetahui hubungan implementasi kebijakan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (SIMBA PD Pontren) dengan Efektivitas Pendataan Education Management Information System (EMIS) Pondok Pesantren di Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode korelasional. Data pada penelitian ini diperoleh melalui penyebaran angket dengan model skala likert yang terdiri dari lima jawaban pilihan kepada 99 responden. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji analisis indikator, uji prasayarat analisis (uji normalitas dan uji linieritas), uji hipotesis (uji korelasi product moment), serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari uji korelasi bahwa signifikansi implementasi kebijakan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (SIMBA PD Pontren) dengan efektivitas pendataan Education Management Information System (EMIS) Pondok Pesantren diperoleh 0,000. Dan hasil perhitungan korelasi antara X dan Y diperoleh angka koefisien korelasi positif sebesar 0,423. Tingkat kekuatan hubungan antara implementasi kebijkan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (SIMBA PD) Pontren dengan efektivitas pendataan Education Management Information System (EMIS) Pondok Pesantren adalah 0,423, maka dapat diinterpretasikan dengan koefisien masuk kategori dalam rentang 0,40-0,59 yang berarti korelasi cukup atau sedang. Dengan demikian, jika implementasi kebijkan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (SIMBA PD Pontren) dioptimalkan dan dimaksimalkan dalam pengelolaannya, maka efektivitas pendataan Education Management Information System (EMIS) Pondok Pesantren akan meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan Pengunaan; Aplikasi SIMBA PD Pontren; Efektivitas Pendataan; EMIS Pondok Pesantren.
Subjects: Office Services > Computer Application for Office Management
General Management > Philosophy and Theory of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ana Anisa
Date Deposited: 20 Dec 2022 00:41
Last Modified: 20 Dec 2022 00:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61886

Actions (login required)

View Item View Item