Pengaruh dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terhadap efektivitas pembelajaran di Madrasah Aliyah swasta se-Kabupaten Bandung

Mahmudah, Rofiaddarojah (2022) Pengaruh dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terhadap efektivitas pembelajaran di Madrasah Aliyah swasta se-Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy

Abstract

Adanya regulasi baru mengenai penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) serta sering kali didapati siswa baru yang diterima jumlahnya lebih banyak dari alokasi anggaran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang tersedia. Hal ini menyebabkan anggaran BOS dinilai kurang. Selain itu pula, karena sumber dana yang diberikan pemerintah terbatas untuk setiap wilayah maka pihak sekolah pun sedikit kesulitan dalam mengelola dana yang telah diberikan dimana hal tersebut dapat menyebabkan proses pembelajaran di sekolah kurang efektif. Kemudian, dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik analisis data uji instrumen (validitas & reabilitas) uji analisis parsial perindikator, uji prasyarat (normalitas & linearitas), dan uji hipotesis (analisis regresi linier sederhana, uji t dan analisis koefisien determinasi). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahawa Manajemen Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) berada pada rentang 2,60-3,39 dengan nilai rata-rata 3,25 dan berada pada kualifikasi sedang atau cukup. Sedangkan Efektivitas pembelajaran memperoleh hasil dengan nilai rata-rata sebesar 3,34 yang berada pada interval 2,60-3,39 termasuk dalam kualifikasi “Sedang/Cukup”. pengaruh yang signifikan antara manajemen dana bantuan operasional sekolah terhadap efektivitas pembelajaran di Madrasah Aliyah swasta se-kabupaten Bandung. Dan berdasarkan uji koefisien determinasi nilai yang didapat yaitu 32,6% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Oleh karena itu, dapat disimpulkan efektivitas pembelajaran (Y) di Madrasah Aliyah Swata se-Kabupaten Bandung termasuk dalam kategori “Baik” dengan memperhatikan beberapa aspek yaitu mutu pengajaran, tingkat pengaran yang tepat, insentif, dan waktu. Dengan menerapkan fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengevaluasian (Badrudin, 2017). Sebagaimana hasil dari pengujian statitstik, manajemen dana bantuan operasional sekolah (X) di Madrasah Aliyah Swata se-Kabupaten Bandung memperoleh hasil dengan nilai rata-rata sebesar 3,25 yang berada pada interval 2,60-3,39 termasuk dalam kualifikasi “Sedang/Cukup”. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa manajemen dana bantuan operasional sekolah (X) di Madrasah Aliyah Swata se-Kabupaten Bandung termasuk dalam kategori “Baik” dengan memperhatikan beberapa aspek yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengevaluasaian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS); Efektivitas Pembelajaran
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rofiaddarojah mahmudah
Date Deposited: 20 Dec 2022 00:36
Last Modified: 20 Dec 2022 00:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61863

Actions (login required)

View Item View Item