Pemahaman siswa terhadap kitab Safinatun Najah hubungannya dengan hasil belajar Mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti : Penelitian pada siswa kelas X SMA Nahwa Cantigi Cianjur

Marlina, Marlina (2022) Pemahaman siswa terhadap kitab Safinatun Najah hubungannya dengan hasil belajar Mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti : Penelitian pada siswa kelas X SMA Nahwa Cantigi Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (565kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan penelusuran pendahuluan, SMA Nahwa Cantigi telah mengadakan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, khususnya Pengkajian Kitab Safinatun Najah. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui apakah ada hubungan antara hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan sejauh mana siswa memahami kitab Safinatun Najah. Berikut adalah ruang lingkup penelitian: 1) Pemahaman buku Safinatun Najah oleh siswa; 2) Akhlak dan hasil belajar kognitif PAI siswa; 3) Apakah ada hubungan antara hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan pemahaman mereka tentang kitab Safinatun Najah. Hipotesis bahwa faktor internal dan eksternal berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti menjadi landasan penelitian ini. Pemahaman siswa yang baik terhadap kitab Safinatun Najah merupakan faktor internal. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah pembelajaran kognitif siswa Hasil belajar PAI dan Budi Pekerti dipengaruhi oleh pemahaman mereka tentang Safinatun Najah. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan antara pemahaman siswa terhadap kitab Safinatun Najah dengan hasil belajar kognitifnya, pendekatan penelitian menggunakan analisis korelasi dan pendekatan kuantitatif. 24 siswa kelas X SMA Nahwa Cantigi Cianjur sebagai sumber data. Observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi, dan uji hipotesis merupakan metode analisis data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Dengan nilai rata-rata akhir 2,69 yang berada pada rentang 2,60 hingga 3,39, pemahaman siswa terhadap kitab Safinatun Najah dikategorikan netral. 2) Hasil belajar kognitif siswa yang sebenarnya di PAI dan Mata pelajaran Budi Pekerti tergolong kurang baik, dengan nilai rata-rata 55,0, yang berada pada rentang 50-59.3) Pada skala 0,80 hingga 1,00, korelasi antara pemahaman Safinatun Najah (variabel X) siswa dengan hasil belajar kognitif pada Mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti (variabel Y) sangat tinggi yaitu sebesar 0,99. Pengujian hipotesis menghasilkan t hitung 32,90 dan t tabel 0,432 yang menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel. Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Akibatnya, pembelajaran kognitif siswa Hasil belajar siswa kelas X SMA Nahwa Cantigi Cianjur pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti berkorelasi dengan pemahaman mereka terhadap kitab Safinatun Najah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Safinatun Najah; Hasil Belajar Kognitif; PAI dan Budi Pekerti
Subjects: Causation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Marlina Marlina
Date Deposited: 19 Dec 2022 01:36
Last Modified: 19 Dec 2022 01:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61846

Actions (login required)

View Item View Item