Pengembangan Electronic Module berbasis Higher Order Thinking Virtual Laboratory pada materi gerak harmonik sederhana guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui kegiatan laboratorium

Putra, Riki Purnama (2022) Pengembangan Electronic Module berbasis Higher Order Thinking Virtual Laboratory pada materi gerak harmonik sederhana guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui kegiatan laboratorium. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan laboratorium merupakan suatu kegiatan yang dimana peserta didik dapat secara leluasa melakukan eksperimen untuk membuktikan teori yang sudah dipahami sebelumnya, dan seharusnya dapat meningkatkan kemampuan Abad-21 seperti Kemampuan Berpikir Kritis. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik termasuk kedalam kategori yang rendah, dan guru juga masih menggunakan panduan kegiatan laboratorium tradisional. Penelitian pengembangan media e-module berbasis HOT-VL bertujuan untuk mengetahui 1) Tingkat kelayakan media e-module berbasis HOT-VL, 2) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media e-module berbasis HOT-VL, 3) Peningkatan KBK peserta didik menggunakan e-module berbasis HOT-VL kelas X MIPA 1 MAN 1 Subang pada materi GHS. Subjek penelitian uji coba pengembangan media e-module berbasis HOT-VL berjumlah 30 orang peserta didik. Adapun hasil penelitian yang diperoleh meliputi: 1) Pengembangan media e-module berbasis HOT-VL menggunakan metode penelitian R&D dengan langkah model ADDIE memperoleh hasil kelayakan media yang sangat valid dengan persentase sebesar 88.783%, 2) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media e-module berbasis HOT-VL memperoleh persentase rata-rata sebesar 86.75%, 3) Penggunaan media e-module berbasis HOT-VL pada kegiatan laboratorium GHS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kriti dengan perolehan skor n-gain sebesar 0.701 yang mendapatkan interpretasi tinggi. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu media e-module berbasis HOT-VL dapat diterapkan dalam kegiatan laboratorium fisika guna meningkatkan KBK peserta didik pada materi GHS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: HOT-VL; Kemampuan Berpikir Kritis; Media kegiatan laboratorium e-module
Subjects: Use of Other Information Media
Social Interaction, Interpersonal Relations
Education
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Riki Purnama Putra
Date Deposited: 20 Dec 2022 00:50
Last Modified: 20 Dec 2022 00:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61845

Actions (login required)

View Item View Item