Layanan bimbingan Islam untuk meningkatkan kesadaran pelaksanaan kegiatan keagamaan remaja di Majelis TABANI : Penelitian di Majelis TABANI jl Proklamasi Jati Udik 1 RT 001 RW 001 Tunggakjati-Karawang

Linati, Annisa Rahma (2022) Layanan bimbingan Islam untuk meningkatkan kesadaran pelaksanaan kegiatan keagamaan remaja di Majelis TABANI : Penelitian di Majelis TABANI jl Proklamasi Jati Udik 1 RT 001 RW 001 Tunggakjati-Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada adanya remaja yang memiliki kesadaran rendah dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan, seperti bolos, tidak melaksanakan shalat lima waktu, kurangnya sopan santun dalam sikap, prilaku dan perkataan, dan menyepelekan hafalan. Maka upaya yang dilakukan yakni mengadakan layanan bimbingan islam yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pelaksanaan kegiatan keagamaan remaja. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1). Untuk mengetahui kondisi kesadaran remaja dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan di majelis TABANI, 2). Untuk mengetahui proses pelaksanaan layanan bimbingan islam di majelis TABANI, 3). Untuk mengetahui hasil dari layanan bimbingan islam untuk meningkatkan kesadaran pelaksanaan kegiatan keagaaan remaja di majelis TABANI. Penelitian ini berlandaskan pada teori bimbingan islam, teori kesadaran beragama, teori remaja dan teori behaviorisme. Teori bimbingan islam digunakan karena metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu layanan bimbingan islam, teori kesadaran beragama karena tujuan dilaksanakannya bimbingan islam yaitu adanya kesadaran remaja yang rendah khusunya dalam hal keagamaan, teori remaja digunakan untuk melihat perkembangan remaja yang berhubungan dengan kesadaran, dan teori behaviorisme karena mengubah prilaku dengan kebiasaan. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang akan menggambarkan atau menganalisis suatu hasil penelitian tentang layanan bimbingan islam untuk meningkatkan kesadaran pelaksanaan kegiatan keagamaan remaja. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan catatan lapangan. Kemudian data didokumentasikan berupa catatan verbatim yaitu catatan lengkap dalam semua hal pembicaraan ketika melakukan wawancara dan observasi tanpa adanya penambahan dan pengurangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa layanan bimbingan islam dapat meningkatkan kesadaran keagamaan remaja di majelis TABANI dengan metode ceramah, metode pengajaran, metode pembiasaan dan metode evaluasi. Terjadi peningkatan diantaranya remaja yang bolos menjadi rajin, remaja yang kurang sopan santun dalam bersikap, berprilaku dan perkataan menjadi sopan santun, remaja yang tidak melaksanakan shalat menjadi shalat dengan tepat waktu, remaja yang menyepelekan hafalan menjadi rajin menghafal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islam; Kesadaran Beragama; Remaja
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Annisa Rahma Linati
Date Deposited: 16 Dec 2022 06:07
Last Modified: 16 Dec 2022 06:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61806

Actions (login required)

View Item View Item