Pengembangan media pembelajaran berbasis Appy Pie untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi elastisitas

Arleni, Maya (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis Appy Pie untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi elastisitas. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis peserta didik di sekolah masih tergolong rendah, selain itu media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang menarik dan belum mengoptimalkan penggunaan smartphone sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran berbasis Appy Pie merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Appy Pie, keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi elastisitas dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Appy Pie. Metode yang digunakan yaitu R&D (Research and Development) dengan tahapan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Data dianalisis dengan cara menghitung persentase lembar validasi media, lembar keterlaksanaan pembelajaran, nilai N-Gain dan uji hipotesis. Sampel dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Ciwidey yang berjumlah 35 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Appy Pie sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan nilai-rata rata uji validitas media sebesar 92,3% dan uji coba skala kecil sebesar 90%, persentase keterlaksanaan kegiatan pembelajaran tergolong sangat baik dengan rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 86% dan aktivitas peserta didik 82%. Pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample t-test dengan taraf signifikansi sebesar 0,05 memperoleh nilai thitung sebesar 38,357 dan ttabel sebesar 2,0345 (thitung > ttabel) sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik sebelum dan setelah belajar menggunakan media pembelajaran berbasis Appy Pie pada materi elastisitas, serta peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik tergolong dalam kategori sedang dengan nilai N-Gain sebesar 0,66.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Appy Pie; elastisitas; keterampilan berpikir kritis; media pembelajaran
Subjects: Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Physics > Measurement of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Maya Arleni
Date Deposited: 20 Dec 2022 00:45
Last Modified: 20 Dec 2022 00:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61802

Actions (login required)

View Item View Item