Analisis perbandingan pengukuran kinerja dengan menggunakan metode Indonesia Zakat Development Report (IZDR), Balance Scorecard dan Maslahah Scorecard pada BAZNAS Kabupaten Cianjur

Lestari, Linda (2022) Analisis perbandingan pengukuran kinerja dengan menggunakan metode Indonesia Zakat Development Report (IZDR), Balance Scorecard dan Maslahah Scorecard pada BAZNAS Kabupaten Cianjur. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy

Abstract

Zakat merupakan salah satu instrumen keungan Islam yang dapat menanggulangi tingkat kemiskinan dan mencapai kesejahteraan ummat. Lembaga zakat dituntut untuk melakukan pengelolaan dana zakat dengan baik, sehingga kinerja yang dihasilkan dapat optimal dalam mencapai tujuan organisasi. BAZNAS Kabupaten Cianjur merupakan salah satu lembaga zakat yang memiliki potensi besar di daerah Cianjur namun belum optimal realisasinya dan evaluasi penilaian kinerja lembaga belum menggunakan metode pengukuran kinerja yang komprehensif. Padahal pengukuran kinerja yang komprehensif mencakup aspek finansial dan non finansial bagi lembaga zakat sangat penting dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis pengukuran kinerja BAZNAS Kabupaten Cianjur dengan menggunakan tiga metode, yakni IZDR 2012, Balance Scorecard, dan Maslahah Scorecard. Kemudian melakukan analisis perbandingan dari ketiga metode pengukuran kinerja tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian dekriptif analisis dan komparatif analisis. Sumber data yang diperoleh dari data primer hasil wawancara dan data sekunder berupa buku, artikel, dan dokumen resmi yang relevan dengan kajian penelitian. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif, serta analisis komparatif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan kinerja BAZNAS Kabupaten Cianjur adalah baik. Hasil pengukuran kinerja berdasarkan metode IZDR 2012 adalah 4,14% dengan nilai mutu A (baik). Hasil pengukuran kinerja dari metode Balance Scorecard yaitu kriteria dashboard warna kuning (baik) dengan nilai rata-rata sebesar 74%. Sedangkan hasil pengukuran kinerja berdasarkan metode Maslahah Scorecard adalah kategori cukup dengan rata-rata nilai diatas 60%. Kemudian hasil dari perbandingan ketiga metode pengukuran kinerja adalah dengan menganalisis kelebihan dan kekurangan aspek finansial dan non-finansial. Semua metode belum memiliki indikator yang komprehensif, diantaranya metode IZDR 2012 perlu ditambahkan pengkuran efektifitas biaya operasional, kinerja kepatuhan syariah, dan tingkat kepuasan pelanggan. Metode BSC perlu pengukuran efektifitas biaya operasional, kinerja manajemen dan kelembagaan. Metode MaSC perlu penghitungan persentase pola konsumtif dan produktif, serta evaluasi program pendayagunaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: IZDR 2012; Balance Scorecard; Scorecard Maslahaah; Performance Measurement
Subjects: Islam > Islam and Economics
Islam > Zakat
Public Performances > Management of Public Performances
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Linda Lestari
Date Deposited: 16 Dec 2022 04:43
Last Modified: 27 Dec 2022 02:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61773

Actions (login required)

View Item View Item