Penerapan Model Anchored Instruction (AI) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Vektor

Muhammad, Nur (2017) Penerapan Model Anchored Instruction (AI) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Vektor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)

Abstract

Hasil observasi di MAN 1 Kuningan menunjukkan rendahnya pemahaman konsep peserta didik. Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep khususnya mata pelajaran fisika pada materi vektor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model Anchored Instruction dan peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada materi vektor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experiment design, dengan desain one-group pretest-posttest. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA MAN 1 Kuningan, sampel dipilih dengan teknik random sampling yaitu kelas X IPA 3 dengan jumlah 28 peserta didik. Keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik diperoleh melalui lembar observasi, dan peningkatan pemahaman konsep peserta didik diperoleh dari nilai N-gain pretest dan posttest peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru berdasarkan lembar observasi diperoleh persentase rata-rata 83% termasuk kategori baik dan rata-rata peserta didik dengan persentase 74% termasuk kategori sedang. Peningkatan pemahaman konsep peserta didik berdasarkan Index-Ngain diperoleh N-gain rata-rata sebesar 0,70 termasuk pada kategori tinggi. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji-t diperoleh Thitung (25,946) > Ttabel (2,052) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, model Anchored Instruction dapat dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi vektor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Anchored Instruction; pemahaman konsep; vektor
Subjects: Physics > Theories and Mathematical Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 12 Feb 2018 04:27
Last Modified: 12 Feb 2018 04:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6176

Actions (login required)

View Item View Item