Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Loan to Deposit Ratio, dan Bank Size terhadap Non-Performing Loan pada PT. BPR Kerta Raharja (Perseroda) tahun 2013-2021

Putri, Almadini Runa (2022) Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Loan to Deposit Ratio, dan Bank Size terhadap Non-Performing Loan pada PT. BPR Kerta Raharja (Perseroda) tahun 2013-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan kredit bermasalah yang dialami oleh PT. BPR Kerta Raharja (Perseroda) Tahun 2013-2021 yang mengalami fluktuasi dan melebihi batas yang ditetapkan oleh Bank Indonesia sebesar 5%. Mengingat peran bank sebagai penunjang perekonomian dan penjaga stabilitas keuangan negara, bank harus berada pada kondisi baik. Selain itu, terdapat fenomena gap serta research gap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi dan perkembangan kinerja keuangan yang terdiri dari Capital Adequacy Ratio, Loan to Deposit Ratio, dan Bank Size terhadap Non-Performing Loan serta pengaruhnya baik secara parsial maupun simultan pada PT. BPR Kerta Raharja (Perseroda) Tahun 2013-2021. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga ditetapkan PT. BPR Kerta Raharja (Perseroda). Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang telah dipublikasi. Teknik analisis data menggunakan Analisis Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Regresi Linier Berganda, Uji-T, Uji-F, dan Analisis Koefisien Determinasi dengan menggunakan program SPSS versi 25. Kerangka pemikiran penelitian ini didasarkan pada teori dan hasil penelitian sebelumnya, bahwa perubahan Capital Adequacy Ratio, Loan to Deposit Ratio, dan Bank Size berpengaruh terhadap Non-Performing Loan. Hal tersebut dikarenakan Capital Adequacy Ratio sebagai salah satu rasio permodalan mencerminkan kemampuan bank dalam menanggung risiko dari aktiva yang dimiliki, Loan to Deposit Ratio yang termasuk rasio likuiditas mencerminkan kemampuan bank dalam menyelenggarakan pendanaan kredit dengan dana pihak ketiga yang terkumpul, serta Bank Size yang mencerminkan kemampuan bank dalam memanfaatkan aset yang dimiliki untuk meminimalisir risiko. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Capital Adequacy Ratio secara parsial tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Non-Performing Loan. Loan to Deposit Ratio dan Bank Size secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap Non-Performing Loan. Secara simultan Capital Adequacy Ratio, Loan to Deposit Ratio, dan Bank Size berpengaruh signifikan terhadap Non-Performing Loan. Antar variabelnya menunjukkan hubungan yang sangat kuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Capital Adequacy Ratio; Loan to Deposit Ratio; Bank Size; Non-Performing Loan
Subjects: General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Almadini Runa Putri
Date Deposited: 15 Dec 2022 03:05
Last Modified: 15 Dec 2022 03:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61759

Actions (login required)

View Item View Item