Pengaruh pendapatan investasi dan surplus (defisit) underwriting dana tabarru' terhadap laba perusahaan : Studi di PT. Asuransi Allianz Life Indonesia Unit Syariah periode 2011-2021

Aghnia, Yuthi (2022) Pengaruh pendapatan investasi dan surplus (defisit) underwriting dana tabarru' terhadap laba perusahaan : Studi di PT. Asuransi Allianz Life Indonesia Unit Syariah periode 2011-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu sumber pendapatan pada perusahaan yaitu berasal dari perusahaan yang melakukan aktivitas investasi. Pada perusahaan asuransi syariah laba diperoleh dari hasil investasi yang nantinya akan mempengaruhi naik turunnya laba pada perusahaan. Underwriting bertujuan untuk memaksimalkan laba yang didapat dengan mendiversifikasi risiko yang diharapkan dapat menguntungkan, underwriting dana tabarru’ yang tinggi cenderung dapat meningkatkan laba perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pendapatan Investasi terhadap Laba Perusahaan; untuk mengetahui pengaruh Surplus (Defisit) Underwriting Dana Tabarru’ terhadap Laba Perusahaan; dan untuk mengetahui pengaruh Pendapatan Investasi dan Surplus (Defisit) Underwriting Dana Tabarru’ pada PT. Asuransi Allianz Life Indonesia Unit Syariah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang bersumber dari laporan keuangan yang telah dipublikasi oleh PT Asuransi Allianz Life Indonesia Periode 2011-2021. Teknis analisis data yang digunakan yaitu analisis deskripstif, analisis uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas; uji multikolinieritas; uji heteroskedastisitas; uji autokorelasi, analisis regresi linier berganda; analisis korelasi, analisis determinasi, dan analisis uji hipotesis yang terdiri dari uji signifikansi parsial (uji-t) dan uji signifikasi simultan (uji-f). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendapatan Investasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Laba Perusahaan dengan nilai thitung > ttabel (12,361 > 2,262). Surplus (Defisit) Underwriting Dana Tabarru’ secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Laba Perusahaan dengan nilai thitung < ttabel (1,315 < 2,262). Kemudian Pendapatan Investasi dan Surplus (Defisit) Underwriting Dana Tabarru’ secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Laba Perusahaan dengan nilai fhitung > ftabel (94,275 > 4,46).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pendapatan investasi; surplus (defisit) underwriting dana tabarru'; laba perusahaan
Subjects: Econmics
Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Investment
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Yuthi Aghnia
Date Deposited: 15 Dec 2022 01:19
Last Modified: 15 Dec 2022 01:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61721

Actions (login required)

View Item View Item