Kompetensi teknis Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) dan hubungannya dengan kualitas pelayanan administrasi madrasah: Penelitian di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Purwakarta

Fenny Agustin, Ajeng (2022) Kompetensi teknis Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) dan hubungannya dengan kualitas pelayanan administrasi madrasah: Penelitian di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Purwakarta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTRA PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy

Abstract

Ajeng fenny Agustin (1182010002). Kompetensi Teknis Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) Hubungannya dengan Kualitas Pelayanan Administrasi Madrasah (Penelitian di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Purwakarta). Tenaga administrasi sekolah (TAS) memiliki peran yang begitu penting dalam hal membantu mengembangkan sekolah untuk lebih baik serta berkualitas. Karena tanpa kompetensi maka hasil kerja yang dihasilkan tidak akan berjalan semaksimal mungkin. Karena tenaga administrasi sekolah harus mampu melaksanakan kegiatan-kegiatan administrasi dalam dunia pendidikan dan menguasai beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh tenaga administrasi sekolah. Karena tugas utama tenaga administrasi memberikan pelayanan bagi yang memiliki kepentingan dalam bidang administrasi serta dapat membantu proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kompetensi teknis tenaga administrasi sekolah (TAS) di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Purwakarta; (2) mengidentifikasi kualitas pelayanan administrasi madrasah di Madrasah Aliyah Se- Kabupaten Purwakarta; (3) membuktikan hubungan kompetensi teknis tenaga administrasi sekolah (TAS) dengan kualitas pelayanan administrasi madrasah di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Purwakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode korelasional. Data pada penelitian ini diperoleh melalui penyebaran angket dengan model skala likert kepada 78 responden. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji analisis indikator, uji prasayarat analisis (uji normalitas dan uji linieritas), serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kompetensi teknis tenaga administrasi sekolah (TAS) berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 4,39. Hal ini terdapat pada respon tenaga pendidik dan kependidikan sesuai dengan praktik di lapangan. (2) Kualitas pelayanan administrasi madrasah berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 4,53. Hal ini terdapat pada respon tenaga pendidik dan kependidikan sesuai dengan praktik di lapangan. (3) Hubungan kompetensi teknis tenaga administrasi sekolah (TAS) dengan kualitas pelayanan administrasi madrasah di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Purwakarta menurut hasil uji korelasi, mendapatkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,664. Hasil tersebut termasuk pada kategori kuat dan mengarah pada sifat positif dengan melihat pearson correlation 0,664 tidak memiliki tanda negatif (-) dan adanya korelasi antara kompetensi teknis tenaga administrasi sekolah (TAS) dengan kualitas pelayanan administrasi madrasah. Didapatkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,441, yang berarti kontribusi kompetensi teknis tenaga administrasi sekolah (TAS) terhadap kualitas pelayanan administrasi madrasah sebesar 44,1%. Terdapat Ho: ditolak dan Ha: diterima. Bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara kompetensi teknis tenaga administrasi sekolah (TAS) dengan kualitas pelayanan administrasi madrasah di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Purwakarta.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi; Tenaga Administrasi; Pelayanan;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ajeng Fenny Agustin
Date Deposited: 15 Dec 2022 06:00
Last Modified: 15 Dec 2022 06:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61708

Actions (login required)

View Item View Item