Perencanaan kegiatan Pondok Pesantren dalam membentuk kepemimpinan santri: Studi deskriptif di Pondok Modern Al-Aqsha Desa Cibeusi Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang

Kholik, Taufik Abdul (2022) Perencanaan kegiatan Pondok Pesantren dalam membentuk kepemimpinan santri: Studi deskriptif di Pondok Modern Al-Aqsha Desa Cibeusi Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (129kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (64kB)
[img] Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (238kB)
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
8_daftar isi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan manajemen merupakan sesuatu yang harus ada didalam sebuah organisasi. Proses perencanaan yang merupakan unsur terpenting dalam manajemen, apabila kita gagal dalam merencanakan sesuatu sesungguhnya kita berencana untuk gagal. Kegiatan kepemimpinan di Pondok Modern Al-Aqsha Desa Cibeusi Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang yang bungkus dalam Organisasi Pelajar Pondok Modern Al-Aqsha menjadi salah satu kegiatan yang membantu tercapainya tujuan Pondok Modern Al-Aqsha terkhususnya dalam kesuksesan kegiatan perencanaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana perencanaan kegiatan Pondok Modern Al-Aqsha yang meliputi penetapan visi dan misi dari kegiatan organisasi pelajar, proses penentuan sasaran dan tindakan dalam membentuk kepemimpinan santri, dan proses perencanaan kegiatan dalam membentuk kepemimpinan santri. Penulis menggunakan teori perencanaan yang di sampaikan Kompri (2018:63-66) bahwa perencanaan merupakan sebuah proses penetapan sasaran dan tindakan dalam mencapai sasaran atau visi dan misi. Lukman (2006:64) memperkuat pendapat tersebut dan berpendapat bahwa kegiatan perencanaan berkaitan dengan proses pembiayaan atau budgeting. Dalam melakukan penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi dan wawancara untuk mengetahui secara langsung proses perencanaan yang terjadi. Kegiatan perencanaan pembentukan kepemimpinan santri di Pondok Modern Al-Aqsha dapat disimpulkan berjalan dengan efektif dan efisien. Begitupun kegiatan pembentukan kepemimpinan yang bertahap dan diwadahi dengan kegiatan organisasi. Secara langsung, organisasi pelajar membantu pimpinan pondok dalam membentuk karakter kepimimpinan santri-santrinya yang tertuang dalam visi dan misi pondok modern Al-Aqsha dengan pemberian tanggung jawab keorganisasian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan;Pondok Pesantren; Kepemimpinan;Santri
Subjects: General Management
General Management > Organizations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Taufik Abdul Kholik Ridwan
Date Deposited: 14 Dec 2022 02:57
Last Modified: 14 Dec 2022 02:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61696

Actions (login required)

View Item View Item