Pembuatan hidrogel kering (baked hydrogel) dari pati kulit singkong (Manihot Esculenta C) dan kitosan dengan crosslinker etilen diamin tetra asetat (EDTA) sebagai adsorben ion logam Pb(II) dan Cd(II)

Hasan, Nurul Fatihah (2022) Pembuatan hidrogel kering (baked hydrogel) dari pati kulit singkong (Manihot Esculenta C) dan kitosan dengan crosslinker etilen diamin tetra asetat (EDTA) sebagai adsorben ion logam Pb(II) dan Cd(II). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (200kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (455kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (236kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (358kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy

Abstract

Lingkungan perairan yang tercemar kemungkinan terdapat kandungan ion logam Pb(II) dan Cd(II) menyebabkan menurunnya kualitas air dan masalah kesehatan. Untuk mengurangi kandungan ion logam Pb(II) dan Cd(II) dapat dilakukan melalui proses adsorpsi menggunakan hidrogel. Hidrogel dibuat dari polimer alam yaitu pati kulit singkong dan kitosan menggunakan pengikat silang kimia natrium etilen diamin tetra asetat (Na₂EDTA) pada variasi 0,1; 0,125; dan 0,15 gram dan pengikat silang fisika dimana disimpan pada suhu -20°C selama 18 jam kemudian suhu ruang 6 jam lalu dioven pada suhu 70°C selama 7 jam. Hasil pengujian hidrogel rasio swelling dalam aquades yang paling baik yaitu sebesar 2.133%, dan derajat ikat silang sebesar 1.802%. Selain itu, hasil karakterisasi hydrogel menggunakan instrumen Fourier Transform Infrared (FTIR) sebelum dan setelah adsorpsi menunjukkan adanya gugus fungsi penyusun yaitu O-H, C-H, O=C=O, -NH₂, CH₂, C-O-C, dan C-O. Larutan ion logam Pb(II) dan Cd(II) setelah adsorpsi diuji menggunakan spektrofotometer serapan atom (SSA) sehingga diperoleh pada ion logam Pb(II) nilai efisiensi penyerapannya sebesar 72,39 % dan kapasitas adsorpsi sebesar 0,3710 mg/g sedangkan pada ion logam Cd(II) nilai efisiensi penyerapan sebesar 78,65 % dan nilai kapasitas adsorpsi sebesar 0,38955 mg/g diperoleh dalam keadaan maksimum hidrogel pada penambahan pengikat silang EDTA 0,15 g.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: adsorpsi; hidrogel; kitosan; logam; pati.
Subjects: Analytical Chemistry
Inorganic Chemistry
Organic Chemistry
Ecology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Kimia
Depositing User: Nurul Fatihah Hasan
Date Deposited: 13 Dec 2022 06:31
Last Modified: 13 Dec 2022 06:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61685

Actions (login required)

View Item View Item