Pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Return on Equity (ROE) terhadap Stock Price (Harga Saham) pada PT. Alam Sutera Realty Tbk. yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2011-2021

Amaludin, Muhammad Teguh (2022) Pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Return on Equity (ROE) terhadap Stock Price (Harga Saham) pada PT. Alam Sutera Realty Tbk. yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2011-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (20kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (165kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (231kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy

Abstract

Faktor yang dapat mempengaruhi harga saham adalah rasio profitabilitas diantaranya Net Profit Margin (NPM) dan Return on Equity (ROE). Stock Price (Harga Saham) merupakan indikator kekuatan perusahaan, Profit Margin (NPM) merupakan rasio untuk mengukur keuntungan dengan membandingkan antara laba bersih dengan penjualan. Return on Equity (ROE) merupakan kemampuan perusahaan untuk memperoleh laba dengan mengelolaan modal yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Return on Equity (ROE) terhadap terhadap harga saham secara simultan pada PT. Alam Sutera Realty Tbk. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah merujuk kepada beberapa hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa semakin tinggi Net Profit Margin (NPM) dan Return on Equity (ROE), maka semakin tinggi pula pengaruhnya terhadap Stock Price (Harga Saham). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan PT. Alam Sutera Realty Tbk. periode 2011-2021 yang telah dipublikasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis deskriptif, dan seterusnya.Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for Windows V.22.0 Penurunan yang terjadi pada Net Profit Margin dan Return on Equity di tahun 2016 tidak berpengaruh negatif pada Stock Price, hal tersebut dibuktikan bahwa di tahun tersebut Stock Price mengalami kenaikan. Dan pada tahun 2018 kenaikan yang terjadi pada Return on Equity tidak berpengaruh positif terhadap Stock Price, hal tersebut dibuktikan bahwa Stock Price mengalami penurunan ditahun tersebut. Kemudian kenaikan Net Profit Margin pada tahun 2019 tidak berpengaruh positif terhadap Stock Price, hal tersebut dibuktikan bahwa Stock Price mengalami penurunan ditahun tersebut. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil uji t parsial diperoleh bahwa thitung dan ttabel yaitu 0.814 < 2.262 artinya Ha ditolak dan Ho diterima maka secara parsial Net Pofit Margin tidak berpengaruh terhadap Stock Price. Pada variabel Return on Equity diperolehan thitung dan ttabel yaitu 3.098 > 2.262 maka Ha diterima dan Ho ditolak artinya Return on Equity berpengaruh terhadap Stock Price. Sedangkan Hasil dari uji f simultan besarnya fhitung dan ftabel yaitu 4,270 < 4,46 maka Ha ditolak dan Ho diterima yang artinya tidak terdapat pengaruh antara Net Profit Margin (NPM) dan Return on Equity (ROE) terhadap Stock Price (Harga Saham).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Net Profit Margin (NPM);Return on Equity (ROE); Stock Price (Harga Saham);
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Accounting > Auditing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Muhammad Teguh Amaludin
Date Deposited: 13 Dec 2022 08:40
Last Modified: 13 Dec 2022 08:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61681

Actions (login required)

View Item View Item