Kampanye Public Relations Greenpeace Indonesia dalam menangani krisis iklim melalui media sosial Instagram

Hambali, Ikhsan (2022) Kampanye Public Relations Greenpeace Indonesia dalam menangani krisis iklim melalui media sosial Instagram. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (1_COVER)
1_COVER.pdf

Download (152kB)
[img] Text (2_ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (182kB)
[img] Text (3_DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (44kB)
[img]
Preview
Text (4_BAB 1)
4_BAB I.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text (5_BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (6_BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (7_BABIV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (8_DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses kampanye public relations yang dilakukan Greenpeace Indonesia melalui media sosial instagram @greenpeaceid dengan proses kampanye dimulai dari identifikasi masalah, merencanakan kampanye, pelaksanaan sampai evaluasi kampanye. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengambilan metode ini memiliki tujuan untuk mendeskriptifkan, menggambarakan secara sistematis, faktual dan akurat, hubungan antara fenomena yang sedang diselidiki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara wawancara mendalam, observasi partisipatif pasif, dan dokumentasi. Peniliti mendeskriptifkan secara detail bagaiman cara kampanye public relations untuk mengkampanyekan krisis iklim di media sosial instagram @greenpeaceid. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang kampanye public relations Greenpeace Indonesia menangani krisis iklim melalui media sosial instagram @greenpeaceid telah melalui empat proses utama. 1) Proses identifikasi masalah dengan mencari data dan fakta dilapangan yaitu tentang krisis iklim dan kampanye yang dilakukan oleh Greenpeace Indonesia; 2) Proses perancangankampanye dengan menentukan target kampanye serta membuat konten video dan foto terkait krisis iklim yang akan di unggah pada instagram @greenpeaceid; 3) proses pelaksanaan kampanye yang berpegang pada hasil analisis identifikasi masalah berupa data scientific serta proses perancangan dengan menjalankan program kampanye tersebut melalui instagram Greenpeace Indonesia; 4) Proses evaluasi dengan melihat dan menilai indikator hasil pelaksanaan program, yang diantaranya mengenai bagaimana bentuk konten yang dimuat untuk kedepannya, materi apa saja yang perlu disiapkan dan mencari hal apa yang sedang tren saat ini untuk bisa dikaitkan dengan materi kampanye public relations krisis iklim.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Greenpeace Indonesia; Instagram; Kampanye Public Relations; Krisis iklim;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Ikhsan Hambali
Date Deposited: 12 Dec 2022 06:22
Last Modified: 12 Dec 2022 06:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61643

Actions (login required)

View Item View Item