Pengaruh penggunaan media Diorama terhadap kemampuan motorik halus anak usia dini : Penelitian kuasi eksperimen di kelompok B RA Al Patwa Cicukang Kabupaten Bandung

Nurhayati, Ade Novi Siti (2022) Pengaruh penggunaan media Diorama terhadap kemampuan motorik halus anak usia dini : Penelitian kuasi eksperimen di kelompok B RA Al Patwa Cicukang Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kasus rendahnya kemampuan motorik halus anak usia dini yang salah satunya terjadi pada kelompok B RA Al Patwa Cicukang Kabupaten Bandung. Seperti anak belum mampu melakukan kegiatan menulis, memegang pensil, menggunting. Hal ini disebabkan oleh guru yang cenderung memberikan lembar kerja anak (LKA) pada anak di setiap pembelajaran dan kurang dalam penggunaan atau pemanfaatan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemampuan motorik halus anak usia dini di kelompok B RA Al Patwa Cicukang Kabupaten Bandung dengan menggunakan media diorama (di Kelompok Eksperimen); 2) Kemampuan motorik halus anak usia dini di kelompok B RA Al Patwa Cicukang Kabupaten Bandung dengan menggunakan media papan flannel (di Kelompok Kontrol); 3) Perbedaan kemampuan motorik halus anak usia dini antara menggunakan media diorama dengan menggunakan media papan flannel di Kelompok B RA Al Patwa Cicukang Kabupaten Bandung. Penelitian ini didasari oleh pemikiran bahwa penggunaan media pembelajaran dapat membantu proses belajar mengajar di kelas. Hal ini membuat peserta didik tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran, dan anak akan memiliki peluang untuk mengekspresikan penglihatannya dalam memandang sebuah pemandangan secara nyata. Adapun penggunaan media pembelajaran yang dapat membantu untuk mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B RA Al Patwa Cicukang Kabupaten Bandung yaitu menggunakan media diorama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode eksperimen dengan nonequivalent control group design. Subjek pada penelitian ini adalah kelompk B RA A l Patwa Cicukang Kabupaten Bandung dengan jumlah sampel 30 anak orang anak. Kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 15 orang anak untuk kelompok kontrol dan 15 orang anak untuk kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabiliitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak usia dini dengan menggunakan media diorama pada kelompok B RA Al Patwa Cicukang Kabupaten Bandung diperoleh nilai rata-rata pada kelompok eksperimen saat pretest 38 berkualifikasi gagal dan posttest sebesar 77 berkualifikasi baik. Sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol saat pretest 41 berkualifikasi gagal dan posttest pada kelompok kontrol sebesar 69 berkualifikasi cukup. Hasil pada uji t menunjukkan harga t hitung = 17,789 lebih besar dari t tabel = 2,048 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media diorama terhadap kemampuan motorik halus anak usia dini pada kelompok B RA Al Patwa Cicukang Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Diorama; Kemampuan Motorik Halus; Anak Usia Dini
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Ade Novi Siti Nurhayati
Date Deposited: 05 Jan 2023 07:00
Last Modified: 05 Jan 2023 07:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61601

Actions (login required)

View Item View Item