Hubungan manajemen bimbingan konseling karir dengan tingkat kepuasan peserta didik: Penelitian pada kelas XII TA 2021-2022 di MAN 2 Kota Bandung

Safitri, Aufa Chania (2022) Hubungan manajemen bimbingan konseling karir dengan tingkat kepuasan peserta didik: Penelitian pada kelas XII TA 2021-2022 di MAN 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (203kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (269kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy

Abstract

Seiring berjalannya waktu, lembaga pendidikan di Indonesia khususnya madrasah mengalami berbagai macam tantangan dalam menghadapi perubahan zaman, menuntut lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu upaya mengembangkan layananan pendidikan yang berkualitas, dapat dilakukan lembaga pendidikan yaitu menerapkan layanan yang tidak berfokus pada proses pembelajaran saja, akan tetapi memberikan layanan kesiswaan yang bersifat khusus melalui bimbingan dan konseling karir yang dirancang agar peserta didik mampu merencanakan pilihan karir secara efektif dan efisien di masa depan. Sehingga dalam pelaksanaannya dibutuhkan keahlian dalam mengelola bimbingan dan konseling karir dengan menerapkan fungsi manajemen sebagai proses untuk mencapai tujuan secara optimal. Adapun tujuan manajemen bimbingan konseling karir yaitu untuk menyesuaikan kebutuhan siswa pada proses belajar mengajar, sehingga setiap pihak yang terlibat dalam pelaksanaannya saling bekerja sama untuk memberikan layanan yang terbaik dengan memperhatikan beberapa unsur seperti kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan bukti langsung (berwujud). Untuk mengetahui layanan madrasah berkualitas atau tidak dapat dilihat dari tingkat kepuasan pelanggan (peserta didik) yang merupakan perasaan senang atau kecewa terhadap segala pelayanan yang diterimanya. Penelitian ini menggunakan metode survei dan pendekatan kuantitatif berjenis korelasi yang dilakukan pada 79 Peserta didik kelas XII tahun ajaran 2021-2022 di MAN 2 Kota Bandung. Teknik pengumpulan data mengunakan kuesioner dan analisis data dilakukan melalui tahapan uji instrument untuk mengetahui validitas dan reabilitas kuesioner, uji analisis parsial per indikator, uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas, serta uji hubungan atau korelasi. Hasil penelitian mengungkapkan hubungan manajemen bimbingan konseling karir dengan tingkat kepuasan peserta didik pada kelas XII TA 2021-2022 di MAN 2 Kota Bandung memperolah nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Kemudian uji koefisien korelasi memperoleh hasil 0,701 dan berada pada kategori 0,810-1,000 yang berarti hubungan manajemen bimbingan dan konseling karir dengan tingkat kepuasan peserta didik memiliki hubungan yang kuat. Kemudian jenis hubungan dalam penelitian ini memperoleh hasil person corelation sebesar 0,701 yang bersifat positif (+) tanda adanya sifat negatif (-) di depan angka tersebut. Sehingga kedua variabel tersebut dapat dikatakan memiliki hubungan yang searah, yang artinya jika kualitas manajemen bimbingan konseling karir tinggi, maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan peserta didik. Selain itu, penelitian ini juga memperoleh hasil dari uji koefisien determinasi (R square) sebesar 0,491 yang memiliki arti kontribusi dari variabel manajemen bimbingan konseling karir terhadap tingkat kepuasan peserta didik sebesar 49,1% dan selebihnya yaitu 40,9% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Bimbingan Konseling Karir; Kepuasan Peserta Didik
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aufa Chania Safitri
Date Deposited: 09 Dec 2022 02:42
Last Modified: 09 Dec 2022 02:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61551

Actions (login required)

View Item View Item