Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Return On Assets (ROA) : Studi pada perusahaan manufaktur sub sektor kosmetik dan keperluan rumah tangga periode tahun 2012-2020

Kurniasari, Ihdha Tri (2022) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Return On Assets (ROA) : Studi pada perusahaan manufaktur sub sektor kosmetik dan keperluan rumah tangga periode tahun 2012-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (30kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (109kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy

Abstract

Perubahan ekonomi yang terus meningkat dan pergerakannya sangat cepat, berinvestasi ke perusahaan go public menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat. Bagi investor mendapatkan informasi tidak hanya dalam laporan keuangan, tetapi analisis laporan keuangan juga perlu dilakukan yaitu dengan melalui rasio keuangan. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji apakah terdapat pengaruh dan signifikan secara parsial maupun simultan Current ratio dan Debt to Equity Ratio berpengaruh terhadap Return on Assets pada perusahaan Perusahaan Manufaktur Subsektor Kosmetik dan Keperluan Rumah Tangga Periode 2012-2020. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif serta bersumber pada data sekunder dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 5 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan regresi data panel diantaranya analisis deskriptif, analisis regresi (berganda), analisis uji hipotesis (uji t dan uji F) dan analisis determinasi. Pengolahan data awal ditunjang dengan Microsoft excel 2016 kemudian dibantu menggunakan software E-views 12. Estimasi data regresi data panel, terpilihlah model terbaik untuk digunakan dalam penelitian ini yaitu Fixed Effect Model. Hasil penelitian uji t (parsial) pada analisis regresi data panel menunjukkan bahwa Current Ratio tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Return On Assets, Debt To Equity Ratio berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets. Sedangkan hasil pengujian uji F (simultan) menunjukkan variabel Current Ratio dan Debt To Equity Ratio berpengaruh sebesar 89% terhadap Return On Assets berdasarkan nilai determinasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Return On Assets (ROA); Current Ratio (CR); Debt To Equity Ratio (DER)
Subjects: Econmics
General Management > Management for Enterprises
General Management > Financial Management
General Management > Management of Investment, Capitalization
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Ihdha Tri Kurniasari
Date Deposited: 09 Dec 2022 01:29
Last Modified: 09 Dec 2022 01:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61549

Actions (login required)

View Item View Item