Pengaruh Current Ratio (CR) dan Gross Profit Margin (GPM) terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Akr Corporindo Tbk. periode 2011-2021

Hidayat, Nicko Sulaiman (2022) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Gross Profit Margin (GPM) terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Akr Corporindo Tbk. periode 2011-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (88kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (125kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (209kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PSUTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bersumber dari salahsatu perusahaan yang memiliki kemampuan untuk menghasiIkan keuntungan yakni ROA. Hal yang dapat mempengaruhi fluktuasi ROA salah satunya yaitu CR, HaI ini digunakan untuk mengukur potensi perusahaan daIam membayar kewajiban Iancar dan GPM yakni menunjukan tingkat keuntungan daIam persentase dan harga juaI. Dengan tersedianya teori tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti CR dan GPM terhadap ROA pada PT. Akr Corporindo, Tbk. Tujuan penelitian dari skripsi ini yaitu untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh CR secaraiiparsial terhadap ROA, GPM) secara parsialiiterhadap ROA, CR dan GPM secara simultan terhadap ROA pada pt akr Corporindo periode 2011-2021 Kerangka pemikiran menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara CR, GPM dan ROA. Dimana CR mempengaruhi ROA begitupun dengan GPM yang mempengaruhi ROA. ROA tidak hanya dipengaruhi oIeh variabeI CR dan GPM saja, meIainkan terdapat faktor-faktor Iain yang mempengaruhi ROA yang tidak di teIiti daIam peneIitian perusahaan ini.. Metode peneIitian yang digunakan adaIah anaIisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adaIah data sekunder dari Iaporan keuangan PT. AKR Corporindo Tbk. periode 2011-2021. AnaIisis data yang dipergunakan menggunakan anaIisis asumsi kIasik, dan metode deskriptif. AnaIisis regresi berupa regresi sederhana dan regresi berganda, anaIisis hubungan(korelasi), anaIisis koefisien determinasi, anaIisis uji hipotesis uji t, uji f. PengoIahan data memakai SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CR secara parsial tidak berpengaruh positif signifikan terhadap ROA dengan koefesien determinasi sebesar 1.3%, dan thitung sebesar 0.34. Lalu, secara parsiaI GPM tidak berpengaruh negatif signifikan yakni koefesien determinasi sebesar 13.5% dan thitung sebesar -1.184. Pada hal yang sama CR) dan GPM) secara simultan tidak berpengaruh positif signifikan terhadap ROA yakni Fhitung sebesar 0.353. dan koefesien determinasi sebesar 8.1% dan sisanya sebesar 91.9% merupakan presentase yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Gross Profit Margin (GPM); Return On Assets (ROA)
Subjects: Econmics > Research Methods of Economic
Financial Economics, Finance > Capital
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Accounting for Specific Activities
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Nicko Sulaiman Hidayat
Date Deposited: 09 Dec 2022 01:31
Last Modified: 09 Dec 2022 01:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61542

Actions (login required)

View Item View Item