Hubungn manajemen penataan ruang kantor Madrasah dan peningkatan pelayanan ketatausahaan: Penelitian di MTs Arriyad Kabupaten Bekasi

Ivo, Asri (2022) Hubungn manajemen penataan ruang kantor Madrasah dan peningkatan pelayanan ketatausahaan: Penelitian di MTs Arriyad Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (153kB)
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (954kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy

Abstract

Keberadaa kantor sebagai pusat administrasi perkantoran, yang dimana segala aktifitas kerja sebagai tempat penanganan informasi mulai dari mengumpulkan, menerima, mengelola, menyimpan sampai menyalurkan informasi dalam rangka mendukung untuk tercapainya tujuan organisasi. Permasalahan yang sering terjadi di suatu lembaga pendidikan bahwa banyak orang yang belum mampu dalam memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan, sehingga banyak pelanggan yang kurang puas dan kerap mengeluarkan perkatanan yang kurang baik saat pemberikan pelayanan. Keberhasilan pada suatu sekolah atau lembaga tidak terlepas dari peranan manajemen sumber daya manusia yang ikut terlibat di dalamnya. Salah satunya yaitu bagaimana kinerja mereka dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang berada dalam lingkungan madrasah, khususnya untuk staf tata usaha yang harus menunjukan kinerja lebih dengan memberikan pelayanan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: 1) Manajemen penataan ruang kantor madrasah di MTs Arriyad Kabupaten Bekasi; 2) Peningkatan pelayanan ketatausahaan di MTs Arriyad Kabupaten Bekasi; dan 3) Hubungan manajemen penataan ruang kantor madrasah dengan peningkatan pelayanan ketatausahaan di MTs Arriyad Kabupaten Bekasi. Penataan ruang kantor merupakan hal yang sangat penting dalam meingkatakan pelayanan ketatausahaan, dengan indikator yang dimiliki yaitu: 1) Perencanaan tata ruang kantor; 2) Penyusunan perabot kantor; 3) Kondisi lingkungan fisik. Begitupun dengan pelayanan ketatausahaan terdiri dari berbagai indikator, yaitu: 1) Kehandalan; 2) Ketanggapan; 3) Empati; 4) Berwujud; dan 5) Jaminan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah menggunakan angket kuesioner. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini ialah uji instrumen (keterbacaan, validitas dan reabilitas), uji analisis parsial perindikator, uji prasyarat (normalitas dan linieritas) dan uji korelasi (koefisien korelasi dan koefisien determinasi). Berdasarkan hasil penelitian, bahwa manajemen penataan ruang kantor dengan peningkatan pelayanan ketatausahaan memiliki korelasi dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kemudian berdasarkan hasil perhitungan analisis koefisien korelasi yang diperoleh ialah 0,743. Artinya, terdapat pada tingkat kuat dan mengarah kepada sifat positif dengab melihat angkat pearson corelation yaitu 0,743 dengan tidak memiliki tanda negatif (-) diangka tersebut. Sehingga hub ungan kedua variabel tersebut searah dan memiliki arti bahwa semakin tinggi manajemen penataan ruang kantor madrasah maka semakin tinggi pula peningkatan pelayanan ketatausahaan Selanjutnya, diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,551. Artinya, Kontribusi variabel manajemen penataan ruang kantor madrasah dengan peningkatan pelayanan ketatausahaan adalah 55,1%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Penataaan Ruang Kantor Madrasah; Peningkatan pelayanan Ketatausahaan
Subjects: Specific Field of Public Administration > Administration of Services to Domestic Order
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Asri Ivo
Date Deposited: 12 Dec 2022 04:13
Last Modified: 12 Dec 2022 04:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61538

Actions (login required)

View Item View Item