Pengembangan modul digital berbasis Self Organized Learning Environment (SOLE) untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada materi alat optik

Miladanta, Algi Nurahman (2022) Pengembangan modul digital berbasis Self Organized Learning Environment (SOLE) untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada materi alat optik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (21kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (37kB)
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan media dan mengetahui peningkatan kemampuan kognitif terhadap modul digital berbasis Self Organized Learning Environment (SOLE) sebagai media pembelajaran pada materi alat optik. Metode penelitian menggunakan model yang dikembangkan oleh Richey and Klein (2007) yaitu pendekatan Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Dick dan Carry (1996) dengan desain pembelajaran menggunakan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA 3 MAN 3 Sukabumi dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi media, tes uraian kemampuan kognitif HOTS dan lembar kerja peserta didik. Teknik analisis yang dilakukan adalah perhitungan skor lembar validasi media, perolehan skor lembar kerja peserta didik, N-gain dan uji t paired sample test. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa (1) Modul digital berbasis SOLE dikategorikan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi alat optik dengan persentase sebesar 98%, (2) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan modul digital berbasis SOLE untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada materi alat optik dikategorikan sangat baik dengan persentase yang diperoleh aktivitas guru sebesar 100% dan aktivitas peserta didik sebesar 96%, dan (3) Penggunaan modul digital berbasis SOLE dapat meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada materi alat optik dikategorikan sebagai peningkatan rata-rata tinggi berdasarkan analisis N-gain dengan skor rata-rata 0,72 dan nilai signifikansi yang digunakan adalah 5% dengan nilai tabel sebesar 2,09 dengan perolehan nilai thitung sebesar 33,17 sehingga thitung>ttabel artinya Ho ditolak dan H1 diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan kognitif peserta didik yang signifikan setelah menggunakan modul digital berbasis Self Organized Learning Environment (SOLE).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Modul Digital; Self Organized Learning Environment (SOLE); Kemampuan Kognitif; Alat Optik
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Public Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Secondary Education > Upper Level Secondary School
Education, Research
Light, Infrared and Ultraviolet Phenomena
Light, Infrared and Ultraviolet Phenomena > Theories of Light
Light, Infrared and Ultraviolet Phenomena > Physical Optics
Light, Infrared and Ultraviolet Phenomena > Dispersion of Light
Light, Infrared and Ultraviolet Phenomena > Beams
Light, Infrared and Ultraviolet Phenomena > Color
Applied Physics > Applied Optics and Paraphotic Technology
Applied Physics > Fiber Optics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Algi Nurahman Miladanta
Date Deposited: 08 Dec 2022 03:51
Last Modified: 08 Dec 2022 03:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61506

Actions (login required)

View Item View Item