Analisi semiotika isi pesan dakwah dalam film Sultan Agung: Harta, tahta, cinta

Milah, Siti Nur (2022) Analisi semiotika isi pesan dakwah dalam film Sultan Agung: Harta, tahta, cinta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (94kB)
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (523kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)

Abstract

Film merupakan salahsatu media dakwah yang efektif untuk menyampaikan pesan ajaran Islam. Film kerap menjadi media untuk menyampaikan ide, pemikiran, dan pesan tertentu dengan kemasan yang menarik dan menghibur. Sebagaimana film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta, film ini mengangkat sosok Raja Mataram ke-3 yaitu Sultan Agung. Sebagai film biopik yang mengangkat tokoh nyata dan dibalut dengan drama, film ini memadukan unsur sejarah, budaya, dan agama sehingga di dalamnya terdapat pesan-pesan dakwah yang disampaikan melalui visual dan dialog. Film mengandung tanda-tanda, dimana tanda-tanda tersebut menyimpan banyak makna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotasi, makna konotasi, dan makna mitos dalam film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan,Cinta. Makna-makna tersebut berhubungan dengan pesan yang mengandung ajaran Islam atau pesan dakwah Teori yang digunkan adalah teori Semiotika Roland Barthes berfokus pada dua tahap pemaknaan pada tanda-tanda. Pemaknaan tahap pertama disebut dengan denotasi, pemaknaaan tahap kedua disebut dengan konotasi, kemudian makna konotasi berkembang menjadi makna mitos. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Menggunakan sumber data primer yaitu tayangan film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta dan sumber data sekunder dari website dan blog. Penulis memaparkan analisis tanda-tanda yang mengandung pesan dakwah melalui pendekatan semiotika Roland Barthes. Dari hasil penelitian terhadap film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta didapatkan makna denotasi, makna konotasi, dan makna mitos. Makna denotasi beberapa adegan hanya ditinjau melalui visual, sedangkan yang lainnya menggunakan kedua aspek yaitu visual dan dialog. Makna konotasi dalam penelitian ini diparkan berdasarkan pesan pesan akidah, syari‘ah, dan akhlak. Sedangkan makna mitos film ini tergambar melalui ajaran-ajaran Islam yang melebur dengan ajaran agama Hindu dan budaya yang berkembang saat itu. Kata Kunci: Film Sultan Agung, Analisis Semiotika, Pesan Dakwah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Film Sultan Agung; Analisis Semiotika; Pesan Dakwah
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Siti Nur Milah
Date Deposited: 08 Dec 2022 03:25
Last Modified: 08 Dec 2022 03:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61481

Actions (login required)

View Item View Item