Pengembangan media Electronic Physics Magazine berbasis pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi momentum dan impuls

Zahra, Anisa Fatimatuz (2022) Pengembangan media Electronic Physics Magazine berbasis pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi momentum dan impuls. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (111kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (254kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (377kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memaparkan terkait pengembangan media e-physics magazine berasis pendekatan SETS berupaya untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik yang mengacu pada indikator TOSLS (Test of Scientific Literacy Skill). Tujuan dari kegiatan penelitian, yaitu mengetahui 1) kelayakan media e-physics magazine berbasis SETS, 2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media e-physics magazine, dan 3) peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik setelah menggunakan media e-physics magazine berbasis SETS. Metode pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest merupakan metode yang digunakan pada kegiatan penelitian. Sampel yang dipakai pada penelitian yaitu peserta didik kelas X MIPA 5 SMAN 1 Rancaekek dengan jumlah 36 orang peserta didik. Hasil penelitian mendapatkan bahwa 1) media e-physics magazine berbasis SETS layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi melalui perhitungan uji Gregory mendapat nilai 1,9 dan 0,95 berkategori sangat tinggi, 2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media e-physics magazine yang diamati oleh dua observer mendapat hasil persentase rata-rata aktivitas guru sebesar 89% berkategori sangat efektif serta peserta didik sebesar 84% berkategori efektif, dan 3) peningkatan kemampuan literasi sains memperoleh nilai N-gain sebesar 0,78 berkategori tinggi. Berdasarkan hasil uji t menunjukan nilai bahwa t_hitung (35,91)>t_tabel (2,03) dengan taraf signifikansi 5%, artinya terdapat peningkatan kemampuan literasi sains setelah digunakan media e-physics magazine berbasis pendekatan SETS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Electronic physics magazine;kemampuan literasi sain;momentum dan impuls, pendekatan SETS
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Special Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Anisa Fatimatuz Zahra
Date Deposited: 08 Dec 2022 03:40
Last Modified: 08 Dec 2022 03:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61478

Actions (login required)

View Item View Item