Hubungan antara manajemen kearsipan tata usaha dan efektivitas layanan informasi : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Se-Kecamatan Cililin

Nurhikmah, Intan (2022) Hubungan antara manajemen kearsipan tata usaha dan efektivitas layanan informasi : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Se-Kecamatan Cililin. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (264kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (331kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (411kB)
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, pengelolaan arsip tata usaha saat ini menjadi suatu hal yang harus diperhatikan dan mempunyai peranan penting dalam menunjang kegiatan kearsipan di lembaga atau instansi. Akan tetapi hal itu tidak mudah, dari beberapa madrasah yang diteliti penataan arsip yang masih belum tertata dengan baik, dilihat dari banyaknya arsip dinamis yang kurang tertata dengan rapi dan pengguna sistem informasi di madrasah belum terlalu mahir akan penggunaanya. Dalam hal ini lembaga pendidikan harus bisa memanfaatkan teknologi tersebut melalui arsip, bagaimana proses pengelolaan arsip ini harus sesuai perkembangan di era digital, terwujudnya pengelolaan arsip yang efektif dan dinamis sehingga arsip bisa tertata dengan rapih dan cepat ketika diperlukan disetiap lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi manajemen kearsipan tata usaha di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Cililin 2) mengidentifikasi efektivitas layanan informasi di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Cililin 3) dan untuk menganalisis hubungan antara manajemen kearsipan tata usaha dan efektivitas layanan informasi di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Cililin. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif jenis korelasi, teknik pengambilan data yang dilakukan yaitu menggunakan angket kuesioner, kemudian setelah data terkumpul, diolah melalui bantuan program SPSS menggunakan teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan instrumen (uji validitas dan reabilitas), uji prasyarat (uji normalitas dan linearitas), uji korelasi dengan menggunakan korelasi pearson dan uji determinasi. Hasil penelitian yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah se Kecamatan Cililin menyatakan bahwa manajemen kearsipan tata usaha mempunyai hubungan yang positif dengan efektivitas layanan informasi dengan taraf signifikan sebesar 0,000 oleh karena itu 0,000 – 0,05 maka terdapat korelasi atau hubungan antara manajemen kearsipan tata usaha dengan efektivitas layanan informasi. Kemudian pearson correlation mendapatkan skor sebesar 0,610. Kemudian koefisien korlasi deteminasi (R Square) yang diperoleh adalah 0,372 yang artinya kontribusi variabel manajemen kearsipan tata usaha dengan efektivitas layanan informasi adalah sebesar 37,2%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Kearsipan Tata usaha; Efektivitas; Layanan Informasi
Subjects: Financial Economics, Finance > Banking Services
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Intan Nurhikmah
Date Deposited: 07 Dec 2022 04:26
Last Modified: 07 Dec 2022 04:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61455

Actions (login required)

View Item View Item