Ilmu politik Islam III: Sejarah Islam dan umatnya sampai sekarang perkembangan dari zaman ke zaman karya Zainal Abidin Ahmad (Telaah Historiografi)

Rafi, Fulki Ainur (2022) Ilmu politik Islam III: Sejarah Islam dan umatnya sampai sekarang perkembangan dari zaman ke zaman karya Zainal Abidin Ahmad (Telaah Historiografi). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (150kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (396kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB) | Request a copy

Abstract

Buku Ilmu Politik Islam III: Sejarah Islam dan Umatnya Sampai Sekarang Perkembangan dari Zaman ke Zaman ditulis oleh Zainal Abidin Ahmad dan terbit pada tahun 1977. Buku ini menggunakan beberapa sumber klasik dari abad ke 9M sampai 14 M. Secara spesifik buku ini belum pernah diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui riwayat hidup dan Zainal Abidin Ahmad, isi buku Ilmu Politik Islam III: Sejarah Islam dan Umatnya Sampai Sekarang Perkembangan dari Zaman ke Zaman, dan analisis historiografinya (metode penulisan, corak dan keunikan). Metode yang digunakan ialah metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahap yakni heuristik (pengumpulan sumber-sumber), kritik (seleksi sumber), interpretasi (penafsiran data), dan historiografi (penulisan sejarah). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka diketahui bahwa Zainal Abidin Ahmad berasal dari Sulit Air, Sumatera Barat. Dia merupakan seorang pengajar, wartawan, sekaligus politikus. Zainal menulis sekitar 40 buku yang berisi pemikirannya tentang politik, ekonomi, dan pendidikan. Buku Ilmu Politik Islam III: Sejarah Islam dan Umatnya Sampai Sekarang Perkembangan dari Zaman ke Zaman dibagi ke dalam 7 bagian. Bagian pertama berisi konsep ilmu sejarah. Bagian kedua hingga keenam berisi sistem perintahan Islam pada masa Nabi Muhammad SAW., Khulafaur Rasyidin, Dinasti Umayyah, dan Dinasti Abbasiyah. Bagian terakhir berisi kemajuan peradaban Islam. Buku Ilmu Politik Islam III: Sejarah Islam dan Umatnya Sampai Sekarang Perkembangan dari Zaman ke Zaman menggunakan metode penulisan sejarah modern berupa pengumpulan sumber, seleksi data, interpretasi, dan peyusunan historiografi. Zainal menyeleksi sumber yang ia gunakan dengan mengunakan proses seleksi kredibilitas sumber. Interpretasi yang dilakukan oleh Zainal adalah dengan cara sintesis yang berarti menyatukan antara sumber yang satu kepada sumber yang lain, kemudian baru diinterpretasikan. Corak penulisan Buku Ilmu Politik Islam III: Sejarah Islam dan Umatnya Sampai Sekarang Perkembangan dari Zaman ke Zaman karya Zainal Abidin Ahmad ialah sejarah politik. Keunikan yang terdapat dalam buku ini di antaranya: penulisnya adalah seorang dosen ilmu politik dan sejarah di Universitas Al-Hilal pada tahun 1963-1964. Sebelum menjadi dosen, Zainal pernah berkecimpung dalam parlemen dan politik. Zainal juga menggunakan istilah negara pada zaman Nabi Muhammad SAW. Buku ini memberikan manfaat salah-satunya menyajikan konsep sejarah yang dikemukan oleh Zainal, yang menambah pembendaharaan ilmu sejarah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Historiografi; Sejarah Politik; Zainal Abidin Ahmad;
Subjects: Political dan Government Science
System of Government and States
History of Asia > History of Asia
History of Modern Near East and Middle East
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Fulki Ainur Rafi
Date Deposited: 07 Dec 2022 06:26
Last Modified: 07 Dec 2022 06:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61416

Actions (login required)

View Item View Item