Pengaruh puasa senin kamis terhadap konsentrasi siswa dalam belajar di sekolah : Penelitian korelasional terhadap siswa kelas X MA Asshiddiqiyah 3 Karawang

Amelia, Liska (2022) Pengaruh puasa senin kamis terhadap konsentrasi siswa dalam belajar di sekolah : Penelitian korelasional terhadap siswa kelas X MA Asshiddiqiyah 3 Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (68kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (41kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (158kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (286kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya konsentrasi siswa dalam belajar disekolah, hal ini dapat dilihat dari penomena ada siswa yang tertidur Ketika proses pembelajaran berlangsung. Fenomena tersebut menunjukan bahwa belum maksimalnya pelaksanaan puasa senin kamis yang dilakukan oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui:(1) Realitas Pelaksanaan Puasa Senin Kamis Siswa Kelas X MA Asshiddiqiyah 3 Karawang (2) Realitas Konsentrasi Siswa dalam Belajar disekolah Siswa Kelas X MA Asshiddiqiyah 3 Karawang (3) Mengetahui Pengaruh Puasa Senin Kamis terhadap Konsentrasi Siswa dalam Belajar di sekolah Siswa Kelas X MA Asshiddiqiyah 3 Karawang. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa puasa merupakan salah satu contoh kegiatan keagaamaan yang apabila dilakukan dengan penuh penghayatan, maka akan meningkatkan daya konsentrasi. Dengan hipotesis diduga; bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara rutinitas puasa senin kamis terhadap konsentrasi siswa dalam belajar disekolah.Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif, dengan metode korelasional. Populasi dan sempel pada penelitian ini adalah siswa kelas X MA Asshiddiqiyah 3 Karawang. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan obsevasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis yang digunakan ialah uji instrument penelitian, analisis deskriptif, uji prasyarat, uji korelasi, uji hipotesis, dan uji pengaruh.Hasil Penelitian Menunjukan Bahwa: (1) Realitas Pelaksanaan Puasa Senin Kamis pada siswa kelas X MA Asshiddiqiyah 3 Karawang berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 53%, 9,6% siswa dalam kategori rendah dan 37,3% siswa dalam kategori tinggi (2) Realitas Konsentrasi siswa dalam belajar di sekolah siswa kelas X MA Asshiddiqiyah 3 karawang berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata siswa 47%, 10,8% siswa dalam kategori rendah, dan 42,2% siswa berada dalam kategori tinggi (3) Pengaruh Puasa Senin Kamis terhadap Konsentrasi Siswa dalam Belajar di Sekolah siswa kelas X MA Asshiddiqiyah 3 Karawang menunjukan hubungan yang positif dan signifikan pada kategori sedang berdasarkan hasil perhitungan: Uji korelasi diperoleh nilai koefisien sebesar 0,425 dengan nilai signifikan 0,00. Uji Hipotesis diperoleh nilai t hitung (4,230) lebih besar > dari t tabel (1,663) yang artinya hipotesis diterima dan untuk besar pengaruh dari variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 18,1% sedangkan untuk 81,9 % berasal dari faKtor-faktor lain

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Puasa Senin Kamis; Konsentrasi Belajar
Subjects: Islam
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Liska Amelia
Date Deposited: 06 Dec 2022 06:16
Last Modified: 06 Dec 2022 06:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61396

Actions (login required)

View Item View Item