Keefektifan pembelajaran jarak jauh pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti : Penelitian pada siswa kelas X di SMA Negeri 3 kota Banjar

Aulia, Zahrotul (2022) Keefektifan pembelajaran jarak jauh pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti : Penelitian pada siswa kelas X di SMA Negeri 3 kota Banjar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (63kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (18kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
Daftar ISI.pdf

Download (36kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I .pdf

Download (278kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan jarak jauh merupakan metode pembelajaran yang menggunakan korespondensi sebagai alat untuk berkomunikasi antara pembelajar dengan pengajar. Karakteristiknya antara lain pembelajar dan pengajar bekerja secara terpisah, namun keduanya dipersatukan dengan korespondensi. Pelaksanaan pembelajaran secara daring, yakni antara pengajar dengan pembelajar belajar bersama tetapi tidak bertemu secara tatap muka. Pembelajaran jarak jauh dinilai cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, jika yang menjadi tolak ukur keberhasilan atau keefektifan pembelajarannya terpenuhi dari segi : 1) teknologinya, 2) aplikasi yang digunakan untuk pembelajaran jarak jauh, 3) kuota yang harus disiapkan oleh pembelajar, serta 4) akses internet. Keempat faktor ini dipandang memberikan kontribusi terhadap keefektifan pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keefektifan Pembelajaran Jarak jauh Pengaruhnya terhadap Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas X di SMAN 3 Kota Banjar. Keefektifan pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar siswa Mata Pelajaran PAI dan Budi pekerti SMA Negeri 3 Banjar dikatakan dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMA Negeri 3 Banjar. Hasil belajar jarak jauh memiliki kenaikan yang cukup signifikan. Berdasarkan data statistik pretest atau hasil belajar hasil belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti siswa sebelum diterapkan pembelajaran jarak jauh pada siswa kelas X IPA 1 menunjukkan bahwa skor variabel ini berada antara 7 sampai 11, dengan mean sebesar 9,0694, median sebesar 9, mode sebesar 9 dan standar deviasi sebesar 1,12996. Sedangkan kelas X IPA 2 menunjukkan bahwa skor variabel ini berada antara 7 sampai 11, dengan mean sebesar 8,8056, median sebesar 9, mode sebesar 9 dan standar deviasi sebesar 1,09073. Sedangkan pada siswa kelas X IPA 1 menunjukkan bahwa skor variabel ini berada antara 7 sampai 11, dengan mean sebesar 9,0694 , median sebesar 9, mode sebesar 9 dan standar deviasi sebesar 1,12996. Sedangkan kelas X IPA 2 menunjukkan bahwa skor variabel ini berada antara 8 sampai 15, dengan mean sebesar 11,1944, median sebesar 11,0000, mode sebesar 10,00 dan standar deviasi sebesar 1,75368.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran jarak jauh; hasil belajar siswa; PAI dan Budi Pekerti;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Adult Education > Distance Education
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zahrotul Aulia
Date Deposited: 06 Dec 2022 05:02
Last Modified: 06 Dec 2022 05:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61385

Actions (login required)

View Item View Item