Analisis SWOT surat kabar Harapan Rakyat di era digital

Rahmahtika, Dita (2022) Analisis SWOT surat kabar Harapan Rakyat di era digital. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (207kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (300kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (412kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (862kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy

Abstract

Era digital merupakan suatu masa yang telah mengalami perkembangan pada semua aspek kehidupan yang telah menggunakan teknologi. Munculnya era digital memberikan dampak perubahan yang signifikan pada media cetak. Surat kabar telah mendapat ancaman yang dipengaruhi oleh kemajuan teknologi tersebut. Kemajuan teknologi saat ini juga menambah kecepatan beredarnya berita dengan luas. Media cetak, seperti surat kabar dan majalah ini akan berkalah saing kecepatnnya dengan media elektronik seperti radio, televisi, dan intermet termasuk koran cetak Harapan Rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis SWOT surat kabar Harapan Rakyat di era digital dan di dasari oleh Teori Analisis SWOT yang dikemukanan oleh Pearce dan Robinson bahwa SWOT ini singkatan dari kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness) internal perusahaan serta peluang (opportunity) dan ancaman (threat) dalam lingkungan yang dihadapi perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara dan observasi. Hasil penelitian memberikan pengetahuan mengenai analisis SWOT surat kabar Harapan Rakyat di era digital yang menghasilkan strategi yang bisa dilakukan di era digital ini meliputi yang pertama membuat surat kabar berita lokal yang dikemas dengan berita yang unik dengan cara penulisan secara depth news, adanya rubrik jasmaran (jaringan aspirasi masyarakat) halaman khusus yang digemari pembaca, menciptakan media yang berbasis web yaitu harapanrakyat.com. Yang kedua mengutamakan kepuasan pembaca atau konsumen dengan pendekatan kepada masyarakat atau layanan konsumen, serta merekrut sumber daya manusia dengan mengutamakan kejujuran. Yang ketiga memanfaatkan kepentingan pemerintah serta menyiapkan fasilitas media online. Yang ke empat menyiapkan segala bentuk perubahan teknologi, membuat akun sosial media agar tidak tertinggal, menginformasikan berita dari sudut pandang yang berbeda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT; Surat Kabar; Era Digital
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Biography, Obituary > Journalist and News Commentators Biography
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Dita Rahmahtika
Date Deposited: 22 Dec 2022 04:19
Last Modified: 22 Dec 2022 04:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61371

Actions (login required)

View Item View Item