Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan dengan etika kerja Islam sebagai variabel moderasi : Studi pada CV. Ratitas Kab. Bandung

Andifani, Mochammad Rafly (2022) Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan dengan etika kerja Islam sebagai variabel moderasi : Studi pada CV. Ratitas Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (37kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (129kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (143kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (147kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy

Abstract

Kinerja karyawan merupakan hasil kerja individu maupun kelompok secara kuantitas dan kualitas dari tugas yang sudah dibebankan guna untuk mencapai tujuan organisasi. Karyawan di tempat kerja adalah indikator keberhasilan pemimpin yang akan membuat perbedaan mendasar pada orang-orang yang bekerja untuk perusahaan. Peranan seorang pemimpin sangat penting untuk mencapai sebuah tujuan organisasi, salah satunya berkaitan dengan kinerja karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya. Disamping diperlukannya gaya kepemimpinan seorang pemimpin, etika kerja islam pun menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif antara gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan; apakah terdapat pengaruh positif antara etika kerja islam terhadap kinerja karyawan; seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan dengan etika kerja islam sebagai variabel moderasi. Teori yang ‘digunakan yaitu teori dari (Rivai, 2014) mengenai variabel gaya kepemimpinan, (Mangkunegara, 2016) mengenai variabel kinerja karyawan dan (Marri, 2012) mengenai variabel etika kerja islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode verifikatif, dan deskriptif. Teknik pengambilan data pada penelitian ini melalui wawancara, angket (kuesioner), dan studi kepustakaan. Sampel yang diambil adalah seluruh populasi pada CV. Ratitas dengan jumlah 41 karyawan. Dengan menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji regresi hirarki dan uji koefesien determinan untuk melihat perubahan R. Berdasarkan hasil penelitian, gaya kepemimpinan terbukti berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada CV. Ratitas. Besarnya pengaruh antara gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai yaitu sebesar 54,3% yang didapat dari hasil R2 yaitu 0,543. Etika kerja islam terbukti berpengaruh terhadap kinerja karyawan secara positif dan signifikan. Besarnya pengaruh etika kerja islam terhadap kinerja karyawan yaitu sebesar 68,9% yang didapat dari hasil R yaitu 0,689. Variabel moderasi terbukti memperkuat pengaruh antara gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan. Hal ini ditunjukkan dari nilai R2 yang bertambah yaitu 0,005 atau sebesar 0,5% dari nilai sebelumnya yaitu 0,689 atau 68,9% menjadi 0,694 atau sebesar 69,4%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan; Kinerja Pegawai; Etika Kerja Islam
Subjects: General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Mochammad Rafly Andifani
Date Deposited: 05 Dec 2022 02:57
Last Modified: 05 Dec 2022 02:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61319

Actions (login required)

View Item View Item